Jumat, 07 Mei 2010

KERJASAMA JURNALISTIK INDONESIA DAN SWISS

KERJASAMA JURNALISTIK INDONESIA DAN SWISS

London, 8/5 (ANTARA) - Kepala Redaksi harian terkemuka Swiss, Neue Zurcher Zeitung (NZZ), Markus Spillmann menyambut tawaran untuk menjalin kerja sama di bidang jurnalistik dengan kalangan media massa di Indonesia.

Hal itu disampaikan Spillmann kepada Dubes RI untuk Konfederasi Swiss dan Keharyapatihan Liechtenstein, Djoko Susilo pada pertemuan di kantor redaksi NZZ, ujar Pensosbud KBRI Bern Rizka Desinta kepada koresponden ANTARA London, Sabtu.

NZZ merupakan surat kabar harian Swiss berbahasa Jerman dengan sirkulasi per harinya mencapai 340.000 eksemplar berkantor pusat di Zurich.

Harian pertama kali terbit Januari 1780 itu, merupakan salah satu surat kabar tertua di Swiss yang sebagian besar pembacanya yaitu 60 persen warga Zurich, salah satu kota besar dan pusat bisnis Swiss.

Dalam kesempatan itu, Dubes menyampaikan keinginannya meningkatkan pemahaman masyarakat Swiss mengenai Indonesia, sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia yang moderat, melalui surat kabar NZZ.

Untuk itu, Dubes menawarkan kepada Spillmann meliput Kongres Muhamadiyah awal Juli mendatang di Yogyakarta, sebagai gambaran kehidupan komunitas Islam moderat di Indonesia.

Kongres Muhamadiyah diadakan pada waktu yang berdekatan dengan kunjungan Presiden Swiss ke Indonesia, Doris Leuthard, dari tanggal 6 hingga 9 Juli 2010.

Dalam pertemuan itu, juga dibahas mengenai berbagai topik menarik di Indonesia yang banyak diminati masyarakat Swiss, salah satunya mengenai orang utan.

Spillmann mengatakan, dalam beberapa minggu mendatang NZZ membuat laporan wawancara dengan salah satu Profesor di Universitas Zurich, Prof Dr Carel van Schaik, yang mengadakan penelitian mengenai orang utan di Indonesia.

Dubes mengakui, KBRI Bern juga banyak menerima permohonan dari mahasiswa Zurich yang ingin melakukan penelitian mengenai orang utan.

Sebagian besar mahasiswa melakukan penelitian selama tiga hingga enam bulan di Indonesia, bekerja sama dengan berbagai Universitas di antaranya Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Nasional. (U-ZG)
(T.H-ZG/B/C004/C004) 08-05-2010 07:54:21

Tidak ada komentar: