Kamis, 13 Mei 2010

SEMARAK SAFARI SENI BUDAYA SUMUT DI BULGARIA

SEMARAK SAFARI SENI BUDAYA SUMUT DI BULGARIA

London, 14/5 (ANTARA) - Safari seni budaya "Splendor of Indonesia: Dances and Songs from North Sumatera" yang sebelumnya memukau warga kota Stara Zagora, kembali sukses menggoyang warga kota Plovdiv, kota kedua terbesar di Bulgaria.

Lebih dari 250 pengunjung memadati gedung Drama Theatre Plovdiv menikmati semaraknya tarian persembahan, Biring Manggis, Nelayan, Rentak Sekaki, Sawan Sigale Gale, ujar Sekretaris Tiga KBRI Sofia Aditya Timoranto kepada koresponden ANTARA London, Jumat.

Irama lagu Situmorang dan Sitogol yang dibawakan oleh Tim Kesenian Cindai dari Sumut membuat pengunjung ikut bergoyang dan berteriak "horas", sapaan yang berasal dari Bahasa Batak (Tapanuli).

Grup tari KBRI Sofia, Pesona Mawar Nusantara, membawakan tarian Nandak Ganjen dan Yapong memukau hadirin yang terdiri dari berbagai tingkat usia mulai dari anak-anak, hingga orang tua lanjut usia.
Dalam acara safari seni budaya itu, hadir Dubes RI dan Ny. Fely Rose Inkiriwang, Wakil Wali Kota Plovdiv membidangi kebudayaan, pendidikan, kesehatan dan pemuda, Petya Gogova, delegasi Pemprov Sumut dipimpin Kepala BPPM Sumut, Salman Ginting, staf KBRI Sofia serta warga Indonesia di Plovdiv.

Hadir pula Dubes Korea Utara, Jo Sung Ju, dan Dubes Mesir, Olfat Farah, yang pernah mengikuti suaminya bertugas di Kedubes Mesir di Jakarta serta keluarganya. Sebagaimana sebelumnya di Stara Zagora, Ketua Delegasi Sumut "mangulosi" atau meng-ulos-kan Wakil Wali Kota Gogova.

Dalam sambutannya, Dubes mengatakan, melalui pementasan seni budaya Sumut diharapkan dapat lebih mendekatkan dan meningkatkan hubungan dan kerja sama Indonesia dan Bulgaria, serta lebih mengenalkan kekayaan budaya bangsa Indonesia yang beragam kepada masyarakat Bulgaria.

Dubes menyampaikan mengenai kekayaan alam, fauna dan flora serta kuliner Indonesia, dan mengundang hadirin memilih Taman Nasional Komodo dalam final pemilihan "New 7 Wonders of Nature".

Dikemukakan, keberhasilan Taman Nasional Komodo kelak dalam pemilihan tersebut tidak lepas dari dukungan masyarakat Plovdiv.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Gogova, yang belum pernah menyaksikan pertunjukan seni budaya dengan banyak ragam pakaian tarian dengan aneka warna yang menarik mengatakan, atas nama seluruh warga kota, menyampaikan terima kasih.

Ia mengakui, baru mengetahui kayanya seni budaya Indonesia setelah melihat penampilan Cindai yang merupakan contoh dari satu provinsi di Indonesia.

Di akhir pementasan, banyak tokoh masyarakat dan warga kota Plovdiv menyampaikan apresiasi atas pertunjukan yang dinilai "extravagant" dan cocok sekali dengan tema "splendor of Indonesia".

Pementasan "Splendor of Indonesia" di Plovdiv diselenggarakan atas kerja sama KBRI Sofia dengan Plovdiv Municipality yang dirintis oleh Dubes RI dengan Wali Kota Plovdiv, Slavcho Atanassov. (U-ZG)
(T.H-ZG/B/C004/F002) 14-05-2010 08:23:35

Tidak ada komentar: