Kamis, 20 Mei 2010

TEATER "CUCIOTAK" TERPILIH TAMPIL DI INGGRIS

TEATER "CUCIOTAK" TERPILIH TAMPIL DI INGGRIS

London, 19/5 (ANTARA) - Kelompok teater "CuciOtak" dari Pasuruan, Jatim, terpilih dari ribuan kelompok teater dari puluhan negara untuk berpentas dan berdialog dalam festival teater sedunia, "Contacting the World 2010 -CTW10", di Manchester Inggris, Juli mendatang.

Communications Officer CTW10, James Stanley, kepada koresponden Antara London, Rabu, mengatakan, "CuciOtak", adalah satu dari 12 kelompok teater yang dikembarkan dengan "The Outhouse Collective", London, Inggris, dalam rangka kerjasama dan membangun dialog antarbudaya.

Dikatakannya, Contacting the World merupakan proyek teater internasional yang inovatif dari seluruh dunia, yang berkolaborasi dalam konteks komunitas global.

Sebanyak 150 pemuda dari 12 kelompok teater dari 10 negara termasuk Indonesia, Jamaica, India, Iran, Denmark, Belanda, Amerika Serikat, Inggris Raya, Swiss dan Afrika Selatan, akan berpartisipasi dalam proses tukar-menukar yang berlangsung selama tujuh bulan dalam membangun teater baru dengan visi global itu.

Saiful Ulum dari "Cuci Otak", katanya, telah bertemu dengan kelompok Outhouse Collective di London dan wakil dari 12 kelompok yang dipilih di kota Manchester, baru-baru ini.

Menurut James Stanley, pada akhir Mei, anggota dari Outhouse Collective, Bamshad Abedi-Amin, berkunjung ke Pasuruan untuk bertemu dan belajar bersama anggota CuciOtak di Pasuruan.

Kedua kelompok teater ini mendapat kesempatan untuk mendalami gaya pementasan dan wawasan masing-masing, ujarnya, dan menambahkan dipastikan apa yang mereka ciptakan akan menjadi sebuah festival yang menggemparkan dan menantang persepsi.

CuciOtak adalah sebuah kelompok teater yang berbasis di Pasuruan, Jawa Timur, terdiri dari sekitar 90 pemuda Muslim dan Kristen.


Pencak silat
Melalui pendekatan teater tradisional dan kontemporer, CuciOtak memadukan seni tari, teater fisik dan pencak silat dalam karyanya demi melestarikan dan mengembangkan pengetahuan tentang budaya Indonesia.

Outhouse Collective adalah kelompok teater yang baru lahir dari salah satu pusat seni the Roundhouse di London, yang bertujuan untuk menantang persepsi penonton mengenai teater.

Kelompok ini sangat terbuka dan memanfaatkan tradisi teater serta media baru untuk mengembangkan drama kontemporer baru yang memiliki makna.

Dengan memakai teknik-teknik audio-visual, Outhouse Collective melibatkan dan memberi berbagai kesempatan kepada pemuda-pemudi bekerja sama dalam menciptakan karya-karya baru.

Sejak pertama dijalankan, Contacting the World diadakan setiap dua tahun sekali, dengan melibatkan lebih dari 40 negara dan kurang lebih 1.000 pemuda.

Contact adalah kelompok teater yang menggagas diadakannya Contacting the World, dan merupakan salah satu dari organisasi seni di Inggris Raya yang meraih berbagai 'award' itu berbasis di Manchester, Inggris Utara.

(U-ZG)
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 19-05-2010 22:32:15

Tidak ada komentar: