Minggu, 16 Mei 2010

PELUKIS BUDI UBRUX BERPAMERAN DI ITALIA

PELUKIS BUDI UBRUX BERPAMERAN DI ITALIA

London, 16/5 (ANTARA) - Budi Ubrux, pelukis asal Yogyakarta, dengan bangga memajang dua belas karyanya di dua kota seni terpenting Italia, Siena dan Roma.

Pameran tunggal di daratan Eropa yang berlangsung hingga akhir Juni mendatang merupakan yang pertama kali bagi pelukis muda tersebut , ujar Counsellor Pensosbud KBRI di Roma Musurifun Lajawa kepada koresponden Antara London, Minggu.

Kedua belas lukisan cat minyak Ubrux mengangkat tema paradoks era informasi, yang diwarnai dengan kontradiksi antara derasnya aliran berita dan terbatasnya daya serap maupun gaung suara kaum awam digelar di Galeri Mycupoftea.

Dengan sangat apik hal tersebut dituangkan oleh Ubrux ke atas kanvas dalam bentuk figur-figur manusia anonim yang seluruh tubuhnya terbungkus kertas koran.

Keberhasilan pelukis dari Yogya itu menembus Eropa tidak terlepas dari kejelian Direktur Parco Sculture del Chianti Dr. Piero Giadrossi, dan pemilik Galeri La Fornace, Siena, yang "menemukan" Budi Ubrux saat berburu lukisan di Indonesia tahun lalu.

Melihat tingginya kualitas dan kekuatan tema yang dikandung karya lukis Ubrux, Dr. Giadrossi berinisiatif mensponsori pameran tunggalnya di dua kota seni terkemuka Italia.

Dubes RI di Roma, Mohamad Oemar, dan kritikus seni Carla Bianpoen turut memberikan sambutan pada acara pembukaan pameran yang berlangsung di Siena, Sabtu.

Sebelumnya Ubrux hanya pernah mengikuti pameran di Indonesia dan Singapura.



(T.H-ZG/B/M020/M020) 16-05-2010 18:19:17

Tidak ada komentar: