Senin, 26 Oktober 2009

ANING PUKAU UNDANGAN "AMBASSADOR CONCERT" PRAHA

ANING PUKAU UNDANGAN "AMBASSADOR CONCERT" PRAHA

London, 27/10 (ANTARA) - Penaynyi Aning Katamsi yang melantunkan lagu Indonesia Pusaka gubahan Ismail Marzuki tampil memukau undangan pada acara "Ambassador Concert Series 2009" yang digelar di Martinu Hall, Praha Ceko.

Dalam konser yang dinamai "European Songs in a Voice of Indonesian," Aning juga melantumkan lagu Setitik Embun dan Gadis Bernyanyi di Cerah Hari gubahan Mohtar Embut serta lagu Ceko karangan Antonin Dvorak "Kdyz Mne Stara Matka" yang artinya nyanyian yang diajarkan Ibu.

Sekretaris Pertama Pensosbudpar KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada ANTARA di London, Selasa mengatakan, bahwa Aning khusus diundang menyanyi dalam rangkaian konser musik dari berbagai negara.

Direktur Ambassador Concert Series (ACS) Romana Pulchartova, mengatakan Aning Katamsi dihadirkan dalam acara tersebut karena kelebihannya sebagai seorang penyanyi Sopran selain memiliki prestasi di tingkat dunia.

Aning dapat disejajarkan dengan pengisi acara ACS lain sepanjang tahun, bahkan wanita berjilbab ini mendapat kehormatan untuk tampil sebagai penutup ACS sesi tahun 2009.

Menurut Azis Nurwahyudi, lantuman lagu Indonesia Pusaka yang dibawakan Aning membuat warga Indonesia yang hadir merasa sangat bangga dan terharu termasuk Dubes Salim Said.

Sementara itu, Dubes Salim Said mengatakan tujuan menghadirkan Aning Katamsi adalah untuk memperkenalkan Indonesia, yang tidak saja kaya akan kesenian tradisional tetapi juga mempunyai penyanyi klasik yang handal.

Selain itu tentu untuk meningkatkan hubungan antar masyarakat dua negara yang selama ini sudah berjalan dengan baik, ujarnya.

Dubes Salim Said juga menjelaskan penampilan Indonesia di ACS adalah untuk yang kedua kalinya setelah tahun lalu menampilkan pianis Sudiarso Duo, yaitu Iravati Sudiarso dan Aisha Sudiarso.

Diawali dengan lagu An Chloe dan Das Veilchan dari Mozart, lalu Suleika op. 34 no 4 dan op. 57 no. 3 serta Venetianisches Gondellied op 57 no. 5 dari Mandelssohn-Bartholdy, kemudian Lachen un Weinen dan Gretchen am Spinnrade dari Schubert serta beberapa lagu lain dalam berbagai bahasa.

Kepiawaian Aning menyanyi ditunjukkan ketika menutup rangkaian konser tersebut dengan mengalunkan Indonesia Pusaka gubahan Ismail Marzuki yang diaransemen ulang oleh Aisha Sudiarso Pletscher yang mengedepankan nada-nada gamelan.

Aransemen tersebut mampu dimainkan dengan sangat bagus oleh Petra Milarova, mahasiswi Sekolah Musik Ceko yang mengiringi Aning tampil pada malam itu.

Kalangan diplomatik, mitra kerja KBRI Praha, masyarakat Ceko dan Indonesia yang memenuhi Martinu Hall merasa kagum akan penampilan Aning, selain kemampuannya juga penampilan yang merupakan perpaduan antara pianis muda Ceko dan penyanyi muda Indonesia yang mampu menghadirkan suasana persahabatan dua negara.

Ambassador Concert Series adalah kegiatan konser dari berbagai perwakilan asing di Ceko yang didukung oleh Seimens, Finep dan Czech Information Agency, demikian Azis Nurwahyudi.***5***
(T.H-ZG/B/A026/A026) 27-10-2009 03:35:29

Tidak ada komentar: