Sabtu, 10 Oktober 2009

KBRI GELAR "DIPLOMATIC LECTURE" BAHAS SITUASI CEKO

KBRI GELAR "DIPLOMATIC LECTURE" BAHAS SITUASI CEKO

London, 8/10 (ANTARA) - Sejumlah Duta Besar negara sahabat dan diplomat membahas situasi politik dalam negeri Ceko dalam rangkaian acara "Diplomatic Lecture Series" yang digelar untuk kelima kalinya di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha.

Sekretaris I Pensosbudpar KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada Koresponden Antara London, Kamis, mengatakan, tampil sebagai pembicara dalam acara bertema "Situasi Politik Dalam Negeri Ceko dan Arah Masa Depannya" tersebut adalah Ketua Jurusan Politik di Universitas Ekonomi Praha, Prof Vladimira Dvorakova, dan analis kebijakan publik yang tengah menyelesaikan program doktor di Universitas Ekonomi Praha Ondrej Sramek.

Pada kesempatan tersebut Prof Dvorakova menyampaikan, Pemerintahan non-partai yang dipimpin Perdana Menteri Jan Fischer memiliki posisi yang sulit karena pemerintahnya harus bisa menyeimbangkan posisi di antara kekuatan-kekuatan politik yang ada.

Di lain pihak, kekuatan-kekuatan politik menyukai situasi dan kondisi yang terjadi sekarang ini. PM Jan Fischer memahami bagaimana cara menghadapi dan berhubungan dengan media.

Selain itu, Drorakova juga menegaskan, merupakan hal yang penting untuk dapat berbagi pengalaman antara Indonesia dengan Ceko, karena kedua negara mengalami proses transisi dari rezim tidak demokratis ke rezim yang demokratis.

Sementara itu, Ondrej Sramek menyimpulkan bahwa kabinet yang dipimpin PM Jan Fischer saat ini menghadapi tantangan di bidang ekonomi terutama yang berkaitan dengan anggaran negara, karena sampai sekarang anggaran negara untuk tahun depan belum diputuskan.

Sramek mengakui PM Fischer ini cukup populer di kalangan rakyat terutama karena profesionalismenya yang sudah dibuktikan selama ini.

Sementara itu, Dubes Salim Said menyampaikan ucapan terima kasih kepada pembicara dan memberikan kenang-kenangan berupa plakat dari KBRI Praha sebagai penghargaan kepada kedua pembicara yang telah berbagi pengetahuan dengan para diplomat di Ceko. ***5***
(U.H-ZG/B/A041)

(T.H-ZG/B/A041/A041) 08-10-2009 07:30:50

Tidak ada komentar: