Kamis, 22 Oktober 2009

GRUP KESENIAN BANYUWANGI-JEMBRANA MENTAS DI PERANCIS

GRUP KESENIAN BANYUWANGI-JEMBRANA MENTAS DI PERANCIS

London 23/10 (ANTARA) - Kelompok kesenian dari Kabupaten Jembrana , Bali dan Kabupaten Banyuwangi melakukan serangkaian pentas seni selama Oktober di berbagai kota di Perancis diantaranya di Lyon, Besancon, dan Paris.

Pentas seni yang digelar KBRI Paris bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Jembrana, Bali, Pemda Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur didukung Pusat Promosi Dagang Indonesia /Indonesian Trade Promotion Centre Lyon, demikian jurubicara KBRI Paris Gustaf Sirait dalam keterangannya kepada koresponden Antara London, Jumat.

Menurut Gustaf, pentas di Lyon, kota terbesar di Perancis tengah, tim Jembrana dan Banyuwangi tampil pada acara Festival Indonesia yang digelar untuk pertama kali di Lyon dalam upaya memperkenalkan Indonesia.

Dalam Festival Indonesia juga diadakan pameran berbagai produk dan budaya Indonesia seperti kerajinan tangan, mebel, batik dan kain tradisional, wayang kulit, masakan Indonesia, mendapat diliput koran harian lokal Lyon, Le Progres.

Sementara di Kota Besancon dan Paris, tari kesenian dari Jembrana dan Banyuwangi tampil sebagai pertunjukan utama diiringi dengan grup gamelan staf KBRI Paris, serta grup angklung mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Paris.

Besancon merupakan salah satu kota terpenting di Perancis timur, tim kesenian Jembrana dan Banyuwangi mementas pada acara pertunjukan tari dan musik tradisional Indonesia yang diadakan KBRI Paris bersama masyarakat Indonesia di Besancon.

Pameran coklat
Rangkaian tur Budaya grup tari Jembrana dan Banyuwangi diakhiri dengan pertunjukan tari secara berturut-turut di Salon du Chocolat/Pameran Coklat Internasional ke-15 di Paris.

Pameran coklat ini adalah salah satu even yang menarik perhatian pengunjung yang cukup besar, yakni dihadiri sekitar 120 ribu pengunjung.
Pada pentas yang menampilkan berbagai negara di pameran tersebut, Indonesia juga menampilkan persembahan angklung dari mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Paris dengan menampilkan lagu Kopi Dangdut dan lagu populer Perancis, La Vie en Rose.

Menurut rencana, pada Pameran Coklat Internasional yang akan diadakan untuk pertama kalinya di Marseille, kota terbesar kedua di Perancis, pada bulan Februari 2010, Indonesia akan diundang sebagai tamu kehormatan.

Selama tur budaya, grup tari Jembrana dan Banyuwangi mempertontonkan tarian-tarian yang menarik dan dinamis sehingga banyak memperoleh apresiasi penonton, seperti Tari Sekar Jagat, Cunduk Menur, Cenderawasih dan Jaran Goyang.

Serentetan pentas seni Indonesia yang dilaksanakan disertai dengan pemberian cendera mata, brosur pariwisata, dan brosur perdagangan Indonesia didalam paket tas batik diharapkan dapat semakin memperkenalkan produk dagang, serta budaya dan pariwisata Indonesia pada masyarakat Perancis, demikian Gustaf Sirait.***5***
(T.H-ZG/B/B013/B013) 23-10-2009 05:50:23

Tidak ada komentar: