Minggu, 11 Oktober 2009

KAKAO INDONESIA PUNYA KEUNGGULAN

KAKAO INDONESIA PUNYA KEUNGGULAN

London, 11/10 (ANTARA) - Kakao Indonesia mempunyai keunggulan dibandingkan kakao dari negara lain yaitu mempunyai titik leleh bubuk coklatnya yang tinggi mencapai 33 derajat Celsius.

Hal itu disampaikan Deputy Chief of Mission (DCM) atau Wakil Kepala Perwakilan KBRI Roma Yuwono A. Putranto, dalam konferensi pers yang diadakan panitia penyelenggara Eurochocolate 2009 di Perugia Italia, Sabtu.

Atase Pertanian KBRI Roma Erizal Sodikin menyatakan hal itu kepada koresponden Antara London, Minggu.

Dikatakannya, selain menjelaskan keunggulan bahan baku coklat dari Indonesia, DCM Yuwono juga menjelaskan tentang partisipasi Indonesia menjadi Negara Tamu Khusus dalam Eurochocolate.

Pameran Internasional Eurochocolate 2009 yang berlangsung selama seminggu itu akan dimulai 16 Oktober mendatang di kota Perugia, Italia.

Erizal Sodikin, mengatakan Indonesia merupakan negara penghasil terbesar ke tiga kakao dunia atau setara sekitar 15 persen dari kakao dunia.

Dikatakannya, kakao mempunyai peranan penting bagi perekonomian Indonesia khususnya bagi petani dan pedesaan, adanya komitmen pemerintah untuk melakukan perbaikan kakao melalui gerakan nasional.

Selama pameran berlangsung selain memamerkan produk kakao dan menjual produk coklat, Indonesia juga akan menampilkan kesenian Indonesia, selain mengadakan pertemuan bisnis.

Sebagai Negara Tamu khusus penyelenggaraan Eurochocolate 2009, Indonesia menjadi pembicara dalam seminar, dan mengadakan kunjungan ke beberapa perusahaan coklat di Italia, selain menyajikan makanan khas Indonesia berbasis coklat pada acara Gala Dinner.

Pada Eurochocolate 2008 yang dikunjungi satu juta orang, diikuti 130 perusahaan yang berasal dari berbagai perusahaan coklat terkenal di dunia menghabiskan 190 ton coklat.

Sampai saat ini terdaftar 150 perusahaan penghasil coklat dari negara Eropa dan juga dari Ghana, Pantai Gading, Meksiko, Brazil, Ekuador juga akan berpartisipasi dalam kegiatan ini, demikian Erizal Sodikin.***2***(U-ZG)
(T.H-ZG/C/Z002/Z002) 11-10-2009 05:10:27

Tidak ada komentar: