Minggu, 11 Oktober 2009

ORKESTRA MUSIK ANGKLUNG GETARKAN JENEWA

ORKESTRA MUSIK ANGKLUNG GETARKAN JENEWA

London, 11/10 (ANTARA) - Kelompok orkestra musik tradisional angklung "Le Sangkuriang" yang membawakan lagu populer, legendaris dan berirama reggae menggetarkan undangan yang hadir pada perayaan ulang tahun ke-40 Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Kantor OKI Jenewa.

Perayaan HUT OKI dihadiri Sekretaris Jenderal OKI, Prof. Ekmeleddin Ihsanoglu bersama duta besar negara-negara OKI, termasuk Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional lainnya, Duta Besar Dian Triansyah Djani.

Demikian dikatakan Sekretaris Pertama Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) Jenewa Yasmi Adriansyah kepada koresponden ANTARA London, Minggu.

Sekretaris Jenderal OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu dalam kesempatan itu atas nama OKI menyampaikan ungkapan belasungkawa kepada saudara-saudara di Indonesia yang menjadi korban bencana gempa bumi.

Ihsanoglu juga menyampaikan kekagumannya akan seni budaya Indonesia yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia memiliki kekayaan seni budaya seperti atraksi orkestrasi angklung. Hal ini menjadi contoh bagi negara anggota OKI lainnya.

Sementara itu Dubes Triansyah Djani menyatakan, penampilan angklung Indonesia pada acara ini merupakan salah satu sumbangsih nyata PTRI Jenewa pada perayaan HUT ke-40 OKI.

Dubes Djani mengatakan, diplomasi dapat dilakukan melalui berbagai cara dan tingkatan, dari bilateral, regional, sampai multilateral dengan berbagai media diantaranya melalui kesenian yang menjadi salah satu media diplomasi yang dinilai cukup ampuh.

Kelompok "Le Sangkuriang" menampilkan berbagai komposisi dunia, dari lagu populer seperti "Pepito" dan "Champs-Elysees", "Kingston Town" yang berirama reggae, sampai "Heal the World" yang dipopulerkan penyanyi legendaris Michael Jackson. Selain itu juga ditampilkan lagu tradisional Indonesia bernada pentatonis "Manuk Dadali" .

Sementara itu bagi Kelompok "Le Sangkuriang", acara ini tidak hanya menjadi ajang promosi angklung, tetapi juga membawa nama Indonesia di pentas antarbangsa. Terlebih "Le Sangkuriang" merupakan satu-satunya kelompok seni yang diminta OKI untuk mengisi acara.

"Le Sangkuriang" adalah kelompok angklung yang terdiri atas masyarakat Indonesia dan para sahabat Indonesia di Jenewa pernah dilatih Sam Udjo dari Saung Angklung Udjo. ***5*** U-ZG)




(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 11-10-2009 04:53:29

Tidak ada komentar: