Selasa, 06 Oktober 2009

RESEPSI DIPLOMATIK DI LATVIA DIMERIAHKAN DENGAN GAMELAN

RESEPSI DIPLOMATIK DI LATVIA DIMERIAHKAN DENGAN GAMELAN

Riga, Latvia 6/10 (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Swedia merangkap Latvia menggelar acara resepsi diplomatik dalam rangka HUT RI di Museum of Foreign Art Latvia, Senin malam, dengan menampilkan kesenian gamelan dan wayang kulit.

Kegiatan ini mendapat sambutan dari 500 undangan dan kalangan diplomatik dan masyarakat Latvia.

Sejak sore, tempat acara mulai dipenuhi undangan dari berbagai kalangan diplomatik negara sahabat yang berada di Riga.
Duta Besar RI di Swedia merangkap Latvia, Linggawati Hakim bersama Sekretaris Satu KBRI Swedia Dody Sembodo Kusumonegoro yang mengenakan jas teluk belanga menyambut tamu yang menyampaikan selamat di museum yang berada satu gedung dengan Istana Presdien Latvia.

Ruang resepsi dihias dengan kain batik seperti batik dari Kabupaten Slemen, Yogyakarta. Juga, para staff KBRI mengenakan pakaian batik, dalam upaya mendukung pengakuan UNESCO akan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Resepsi diplomatik HUT RI itu baru pertama kalinya diadakan di Riga, Latvia, sejak Indonesia dan Latvia menjalin kerjasama diplomatik. Kala itu, hadir dutabesar negara sahabat di antaranya Dubes AS di Riga, Dubes Italia dan Dubes Inggris serta dari Kementerian Luar Negeri Latvia.

Dalam acara yang berlangsung sangat informal itu, para undangan dihibur dengan kesenian Indonesia berupa penampilan gamelan, dengan pemain warga Indonesia dan Swedia dari kelompok KBRI Swedia, serta Tari Topeng yang dibawakan Suharyanto.

Para undangan juga disuguhi makanan Indonesia yang disiapkan ibu ibu Dharma Wanita KBRI Stockholm yang menyajikan nasi putih dengan lauk ayam suwir, daging balado dan keredok, somai dan tahu isi serta minuman es teler.

Dalam acara resepsi itu juga diperunjukkan seni Indonesia berupa wayang kulit dengan lakon Ramayana, dengan dalang seorang warga Finlandia yang menjadi lokal staff di KBRI Helsinki.
Acara itu mendapat liputan dan perhatian media masa Latvia seperti televisi dan radio yang mengumumkan acara serta surat kabar baik yang berbahasa Rusia dan Latvia.

Dosen di Universitas Latvia, Prof Leons Taivans, mengatakan bahwa ia merasa senang dengan digelarnya resepsi diplomatik untuk pertama kalinya oleh kedutaan Indonesia di Swedia, dan diharapkannya d imasa datang juga dapat dilangsungkan acara serupa. ***5*** (U-ZG)
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 06-10-2009 23:03:32

Tidak ada komentar: