Minggu, 11 Oktober 2009

MENGENANG SUMBAR WARNAI RESEPSI DIPLOMATIK KBRI MADRID

MENGENANG SUMBAR WARNAI RESEPSI DIPLOMATIK KBRI MADRID

London, 11/10 (ANTARA) - Mengenang para korban gempa di Sumatra Barat dengan cara mengheningkan cipta mewarnai acara resepsi diplomatik HUT ke-64 RI, yang diadakan di Wisma Duta Madrid, Spanyol, Sabtu.

Para undangan di antaranya Dirjen Politik dan Asia Pasifik Kemlu Spanyol, Jose Eugene Salarich menyampaikan ungkapan belasungkawa kepada Dubes RI untuk Spanyol, Slamet Mustafa atas musibah gempa bumi yang melanda Sumatra Barat.

Pelaksana Fungsi Sosial dan Budaya KBRI Spanyol, Allen Simarmata kepada ANTARA London, Minggu, mengatakan resepsi Diplomatik HUT RI itu dihadiri sekitar 350 undangan termasuk Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Deplu RI Andri Hadi yang tengah mengadakan kunjungan kerja ke Spanyol.

Dalam acara resepsi ditampilkan grup gamelan Jawa binaan KBRI "Charoko Laras" yang membawa lagu antara lain sluku sluku bathok, gangsaran, dan hujan mas.

Selain itu digelar pula pertunjukan harpa oleh Rama Widi, pemain harpa Indonesia yang berdomisili di Wina yang membawakan lagu lagu Indonesia di antaranya Kicir Kicir, Bengawan Solo dan O Inani Keke.

Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Deplu RI Andri Hadi sebelumnya meresmikan Sanggar budaya dan gamelan binaan KBRI Madrid yang bernama "Charoko Laras".

Acara peresmian sanggar budaya Charoko Laras ini dihadiri staf KBRI Madrid dan Duta Besar RI untuk Spanyol, Slamet Mustafa
Dirjen Andri Hadi mengharapkan perwakilan Indonesia di luar negeri memperkenalkan soft power yang dimiliki Indonesia termasuk kekayaan khasanah budaya Indonesia gamelan.

Sanggar budaya dan Gamelan KBRI "Charoko Laras" selama ini mengelar pertunjukan budaya diberbagai kota di Spanyol seperti di Madrid, Cuenca, Murcia dan Barcelona.

Selain melakukan pertunjukan gamelan Charoko Laras juga memberikan kursus gamelan kepada masyarakat Indonesia dan Spanyol bertempat di KBRI Madrid. ***5***(U-ZG)


(T.H-ZG/C/Z002/Z002) 11-10-2009 05:20:23

Tidak ada komentar: