Sabtu, 03 Oktober 2009

NORWEGIA KIRIM DANA BANTU KORBAN GEMPA DI SUMBAR

NORWEGIA KIRIM DANA BANTU KORBAN GEMPA DI SUMBAR

London, 3/10 (ANTARA) - Menteri Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup Erik Solheim menyampaikan ungkapan simpati dan turut berbelasungkawa atas gempa yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa di Sumatera Barat dan siap mengirim bantuan dana bagi korban.

Ungkapan belasungkawa tersebut disampaikannya langsung dalam pembicaraan per telepon dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, ujar Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Oslo Mansyur Pangeran kepada koresponden Antara London, Sabtu.
Mansyur Pangeran mengemukakan dalam pembicaraan per telepon tersebut, mewakili Pemerintah Norwegia, Menteri Solheim menyatakan pemerintah Norwegia siap membantu pemerintah Indonesia dalam upayanya mengatasi akibat bencana ini.

Bentuk kesiapan Pemerintah Norwegia untuk membantu Pemerintah Indonesia adalah dengan pengucuran dana 20 juta Norwegian Kroner atau sekitar 3,5 juta dolar AS guna ikut menolong Indonesia dan Filipina atas bencana alam yang diderita.

Bantuan Norwegia guna tersebut akan disalurkan melalui PBB, Palang Merah Internasional, dengan bekerjasama erat dengan pemerintah Indonesia dan pemerintah Filipina.

Gempa bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter( SR) pada hari Rabu,30 September telah menguncang berbagai kota di Provinsi Sumatera Barat terutama Kota Padang dan Kota Padang Pariaman. Ratusan orang telah tewas akibat bencana alam tersebut.

Tim SAR yang terdiri atas para prajurit TNI dan Pokri serta berbagai kelompok masyarakat langsung mengulurkan tangan untuk menemukan para korban yang tewas seketika serta orang-orang yang tertimpa bangunan namun diduga masih hidup.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang disertai Ibu Ani Yudhoyono serta sejumlah menteri pada hari Kamis dan Jumat telah terjun ke lokasi gempa untuk memantau upaya penyelamatan .

Sementara itu, Wakil Presiden Mohammad Jusuf Kalla telah menetapkan bahwa pemerintah akan memberlakukan madsa tanggap darurat selama dua bulan. ***5***
(U-ZG)/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 03-10-2009 07:57:31

Tidak ada komentar: