Sabtu, 07 November 2009

ANAK INDONESIA PUKAU FESTIVAL MUSIK DUNIA OSLO

ANAK INDONESIA PUKAU FESTIVAL MUSIK DUNIA OSLO

London, 8/11 (ANTARA) - Kelompok Tari binaan KBRI Oslo "Anak Indonesia" tampil memukau dalam program khusus anak-anak Barnasverdendager di Festival Musik Dunia Oslo, (OWMF) yang digelar di Oslo Internasjonalt Kultursenter Og Museum, Minggu.

Sekretaris Tiga KBRI Oslo Febby Fahrani kepada koresponden Antara London, Minggu mengatakan bahwa penampilan Anak Indonesia mengulangi kesuksesannya tahun lalu di Oslo World Music Festival 2009.

Dikatakannya dalam Barnasverdendager-OWMF 2009 "Anak Indonesia" yang terdiri dari Yukie Mansyur, Bukie Mansyur, Ezsa Gunardi, Anggi Sunu, Herfina Kostofani, Tina Kostofani, Nordman Kostofani dan Cynthia Mulyono menampilkan tari Saman dari Aceh memukau penonton.

Penampilan kompak dan bersemangat dipadu dengan pakaian tradisional menampilkan ciri khas Indonesia memikat pengunjung khususnya masyarakat Norwegia yang sangat menghargai kebudayaan mancanegara.

Menurut Febby Fahwani, selain penampilan "Anak Indonesia", KBRI-Oslo juga berpartisipasi dalam workshop Gamelan Indonesia yang dilakukan Lars Johansen, pengajar sekolah tinggi musik Oslo dan staf KBRI Oslo.

Minat dan antusias besar atas pelaksanaan workshop gamelan selama dua hari tersebut ditunjukkan sekitar 3.000 pengunjung Barnasverdendager-OWMF 2009.

Sepasang Ondel-ondel menyambut pengunjung di pintu ruang workshop gamelan yang menarik anak-anak untuk masuk ke dalam ruang workshop dan ikut belajar memainkan gamelan.

Mereka juga mendapat penjelasan mengenai asal-usul alat musik yang cukup populer di kalangan masyarakat Norwegia tersebut
Promosi budaya
Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Oslo, Mansyur Pengaran mengatakan kehadiran Indonesia dalam program Barnasverdendager OWMF 2009 itu merupakan upaya KBRI Oslo dalam mempromosikan kekayaan seni dan budaya, serta pariwisata Indonesia, agar makin dikenal di Norwegia.

Dikatakannya partisipasi KBRI dalam Barnasverdendager-OWMF 2009 merupakan partisipasi yang ke-tiga kalinya.

Pada acara pembukaan Ketua Penyelenggara OWMF 2009, Alexandra Archetti Stlen, menyampaikan penghargaan khusus kepada KBRI Oslo yang telah berpartisipasi pada program Barnasverdendager.

Barnasverdendager merupakan program khusus bagi anak-anak untuk mengenal keragaman seni budaya mancanegara yang diselenggarakan sejak 11 tahun lalu, memperkenalkan budaya dunia seperti Indonesia, Cuba, Iran, Bolivia, Srilangka, India, dan Afrika.

Bagi masyarakat Norwegia 0WMF 2009 merupakan ajang pertunjukan musik bergengsi di Oslo yang diadakan setiap tahun sejak tahun 1994 sekitar 3.000 artis mancanegara berpartisipasi dalam festival musik tersebut.

Tahun ini, OWMF diikuti artis-artis dari 20 negara antara lain: Aljazair, Perancis, Mali, Argentina, Cape Verde, Spanyol, Portugal, Afrika Selatan, Palestina, Kuba, Brasil, dan Tuva itu dikunjungi sekitar 12 ribu pengunjung.***5***
(U-ZG/A/b003/B003).


(T.H-ZG/A/B003/B003) 08-11-2009 07:00:11

Tidak ada komentar: