Senin, 16 November 2009

BATIK ALLURE DIPERAGAKAN DI MAL MOSKOW

BATIK ALLURE DIPERAGAKAN DI MAL MOSKOW

London, 17/11 (ANTARA) - Peragaan batik Allure dan busana rancangan Ramli digelar di salah satu mal bergengsi di Moskow, Atrium dengan latar belakang "Enjoy Jakarta", dalam upaya menembus pasar Rusia.
Peragaan busana batik tersebut merupakan bagian dari promosi DKI Jakarta untuk menembus pasar Rusia, kata Counsellor/KBRI Moskow M. Aji Surya kepada koresponden ANATARA London, Selasa.

Peragawati Rusia yang tinggi semampai mengenakan batik yang telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia dalam peragaan busana batik Allure dan busana rancangan Ramli.
Peragaan busana yang diikuti tarian daerah Jakarta berlangsung selama satu pada acara makan siang serta menjelang makan malam di mal yang terletak di jantung Kota Moskow yang dikunjungi banyak warga Rusia berkantong tebal.

Menurut Aji Surya, salah seorang pengunjung menyatakan kekagumannya atas berbagai motif batik yang demikian anggun dipakai peragawati Rusia.
Batik Allure didominasi warna gelap seperti ungu, coklat dan sedikit kemerahan dengan motif gradasi yang dipadu dengan berbagai noktah yang sangat cocok untuk acara "casual", "cocktail" dan bahkan untuk gaun malam.

Sementara busana hasil rancangan Ramli kental dengan warna dasar batik seperti coklat tua dan mengadopsi model pakaian barat yang menjadi magnet pasar dan seirama dengan selera pasar Rusia.

Duta Besar RI untuk Rusia Hamid Awaludin mendukung penuh pengenalan produk asli Indonesia seperti batik kepada masyarakat internasional.

Menurut dia, meski batik sudah diakui sebagai warisan internasional, namun masyarakat Indonesia tetap berkewajiban mempromosikannya."Selain menjadi kebanggaan, juga memiliki nilai ekonomi," katanya.

Meski dipertontonkan di panggung dan "catwalk", batik tekenal itu tidak untuk dijual karena merupakan ajang promosi dan perkenalan. Pada masa datang diharapkan batik dapat diekspor ke Rusia.***2***(U-ZG)
(T.H-ZG/B/N002/N002) 17-11-2009 08:44:31

Tidak ada komentar: