Rabu, 04 November 2009

Sekolah di Yogyakarta Jalin Kerja Sama Dengan Ceko

Sekolah di Yogyakarta Jalin Kerja Sama Dengan Ceko

Rabu, 4 November 2009 06:06 WIB | Peristiwa | Pendidikan/Agama | Dibaca 293 kali
London (ANTARA News) - Sekolah Budi Mulia Dua Yogyakarta menjalin kerja sama dengan sekolah Vladislava Vancury Praha, Ceko dengan adanya rencana program sekolah kembar di kedua negara.

Kunjungan pengurus Perguruan Budi Mulia Dua (BMD) 2 Yogyakarta ke sekolah Vladislava Vancury, Zbraslav Praha, Ceko, merupakan langkah awal pelaksanaan kerja sama tersebut, ujar pelaksana fungsi Pensosbudpar KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada koresponden ANTARA London, Rabu.

Direktur Perguruan BMD Yogya, Siti Nurnisa Dewanta, bersama rombongan diterima Kepala Sekolah Jiri Kovarik dan guru Sekolah Valdislava Vancury yang menawarkan konsep sekolah kembar antara keduanya dengan program awal kunjungan sejumlah siswa dan guru BMD ke sekolah tersebut pada musim gugur tahun depan.

Sementara itu Kepala SMA BMD Yogyakarta, Junita Arfani, menyampaikan harapannya siswa dari sekolahnya dapat berkunjung ke Zbraslav dan ikut bersekolah di sekolah tersebut.

Menurut Azis Nurwahyudi, selama berada di sekolah Ceko itu, mereka akan memperkenalkan Indonesia, terutama Yogyakarta, melalui kegiatan seni budaya.

Siswa-siswi BMD akan mengusung kesenian tradisional seperti pementasan angklung, gamelan, dan tarian tradisional serta menampilkan kemampuan dalang cilik.


Pertama kali

Dalam kesempatan itu Kovarik menyatakan kegembiraannya karena program sekolah kembar ini baru pertama kali bagi sekolah tersebut, bahkan menawarkan kepada siswa BMD untuk tinggal dengan keluarga setempat selama di Zbraslav.

Di lain pihak, Sekolah BMD juga menawarkan program kunjungan balasan bagi guru dan siswa Vladislava Vancury ke sekolah mereka di Yogyakarta.

Siti Nurnisa mengatakan sekolah BMD yang berusia 22 tahun, memiliki 3.000 siswa punya program belajar dengan berbagai aktivitas ekstra kulikulernya.

Para pengurus Yayasan Budi Mulia Dua mengadakan peninjauan sistem belajar dan mengajar di kelas dan mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan murid Sekolah Vladislava Vancury yang tengah belajar Bahasa Inggris.

Siti Nurnisa mengatakan kerja sama dengan Sekolah Vladislava Vancury ini merupakan terobosan pertama sekolah tersebut di Eropa.

Sebelumnya mereka membuat kerja sama dengan Inuyama Junior High School di kota Inuyama, Jepang.

Siti Nurnisa mengatakan tujuan membuka kerja sama dengan sekolah di Eropa adalah sesuai dengan moto sekolah BMD untuk menjadikan siswinya sebagai warga dunia. Untuk itu siswa diajak berkenalan dengan rekannya di belahan dunia lain.

Bagi KBRI Praha, kegiatan tersebut merupakan implementasi dari kebijakan pemerintah untuk semakin mendekatkan hubungan people-to-people contact antara Ceko dengan Indonesia.

Kegiatan bidang pendidikan melengkapi semua kegiatan yang diadakan KBRI Praha selain bidang sosial kebudayaan, olahraga, pariwisata selain penguatan hubungan bilateral di bidang politik dan ekonomi, demikian Azis Nurwahyudi.(*)

Tidak ada komentar: