Rabu, 25 November 2009

MENHUB DAN DUBES RI DI LONDON GELAR RESEPSI

MENHUB DAN DUBES RI DI LONDON GELAR RESEPSI

London, 25/11 (ANTARA) - Menteri Perhubungan RI Freddy Numberi, didampingi Duta Besar RI untuk Inggris Raya Yuri Octavian Thamrin, mengelar resepsi diplomatik terkait Sidang IMO (International Maritime Organisation) di KBRI London, Selasa malam.

Resepsi dihadiri sekitar 200 undangan dari berbagai perwakilan dan anggota delegasi negara sahabat, diadakan dalam rangka penggalangan dukungan bagi pencalonan kembali Indonesia sebagai anggota Dewan Organisasi Maritim International (IMO) Kategori C periode 2009-2011.

Menteri Freddy Numberi dan Dubes Yuri Thamrin menyambut para tamu di ruang pertemuan KBRI London yang dihibur beberapa tarian tradisional Indonesia seperti tari Bali serta musik kesenian kecapi suling.

Atase Perhubungan KBRI London Hadi Supriyono mengatakan, sebagai negara kepulauan yang memiliki letak strategis di jalur-jalur pelayaran yang penting bagi stabilitas keamanan dan perekonomian dunia, Indonesia memiliki kepentingan menjadi bagian dari Dewan IMO.

Dikatakannya, dukungan ini khususnya dalam rangka menjaga keamanan wilayah serta meningkatkan kerja sama di bidang keamanan laut untuk mendukung kelancaran perdagangan internasional.

Beberapa undangan dari negara sahabat mengakui pentingnya partisipasi dan peran aktif Indonesia di Dewan IMO, khususnya sebagai wakil dari negara berkembang.

Hal ini perlu untuk memperjuangkan kepentingan bersama di bidang kelautan dan pelayaran internasional.

Indonesia juga memiliki komitmen kuat untuk secara aktif memberikan kontribusi positifnya terhadap kegiatan IMO, terutama dalam meningkatkan keamanan perairan laut (maritime security), keselamatan pelayaran internasional (safety of international) serta perlindungan sumber daya kelautan (protection of maritime environment).

Hal ini juga yang mendorong banyak negara sahabat untuk memberikan dukungan tanpa syarat pada pencalonan kembali Indonesia di Dewan IMO Kategori C periode 2009-2011.

Dukungan kuat terhadap pencalonan kembali Indonesia sebagai anggota Dewan IMO Kategori C periode 2009 - 2001 juga terlihat dari hadirnya dua anggota Komisi V DPR-RI yaitu Josep Nai Soi dan Abdul Hakim.

Selain hadir sebagai partisipan aktif dalam sidang-sidang yang diselenggarakan IMO, kehadiran kedua anggota DPR-RI tersebut juga merefleksikan kepedulian yang tinggi bukan hanya dari pihak legislatif di Indonesia namun juga dari masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Organisasi Maritim Internasional (IMO) yang tengah bersidang (23 November - 4 Desember 2009) dihadiri lebih dari 1.000 delegasi dari negara-negara anggota IMO maupun organisasi pemerintah dan organisasi non-pemerintah.

IMO adalah badan khusus di bawah PBB beranggotakan 169 negara dan bertugas mengawasi pelaksanaan peraturan internasional termasuk hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan pelayaran, perlindungan lingkungan maritim, hukum, kerja sama teknis, keamanan maritim, dan peningkatan efisiensi pelayaran internasional. ***5***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/R007/R007) 25-11-2009 08:59:34

Tidak ada komentar: