Minggu, 22 November 2009

INDONESIA SERAHKAN BANTUAN MESIN UNTUK PEMERINTAH KAMBOJA

INDONESIA SERAHKAN BANTUAN MESIN UNTUK PEMERINTAH KAMBOJA

London, 22/11 (ANTARA) - Dubes RI untuk Kerajaan Kamboja, Ngurah Swajaya, secara simbolik menyerahkan bantuan Mesin Pertanian RI kepada Pemerintah Kamboja dalam kerangka kerjasama bilateral RI-Kamboja bidang pertanian.

Dalam keterangan pers KBRI Phnom Penh yang diterima koresponden Antara London, Minggu, disebutkan acara serahterima itu dilakukan di arena pameran perdagangan dan pariwisata Indonesia di Mondial Center, Phnom Penh, Kamboja.

Pada acara itu secara simbolis diserahkan satu unit traktor tangan, satu unit multifunction thresher, dan dua unit mini rice milling yang diterima wakil pemerintah Kamboja, Secretary of State, Kementerian Pertanian Kamboja, Dr Ook Sokhon. .

Jumlah keseluruhan mesin pertanian yang akan diserahkan meliputi 15 unit traktor tangan, 15 unit multifunction thresher dan 2 unit mini rice milling yang diproduksi oleh PT Rutan Indonesia.

Mesin-mesin tersebut saat ini juga dipamerkan pada kegiatan pameran perdagangan dan pariwisata Indonesia yang dilaksanakan di tempat yang sama.

Kehadiran alat- alat pertanian tersebut telah menarik minat dari berbagai pengunjung, termasuk dari Cambodia Rice Miller Association.

Dalam acara serah terima tersebut, wakil pemerintah Kamboja, Secretary of State, Kementerian Pertanian Kamboja, Dr Ook Sokhon menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Indonesia.

Menurut Sokhon, saat ini Pemerintah Kamboja tengah giat-giatnya mengembangkan pertanian yang merupakan salah satu prioritas pembangunan ekonomi Kamboja dan mengharapkan kerja sama pertanian kedua negara akan meningkat.

Selain berpotensi untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian Kamboja, pemberian bantuan tersebut berpotensi untuk mengembangkan peluang kerjasama swasta kedua negara.

Hal ini dibuktikan dengan pernyataan Secretary of State Kamboja yang menyebutkan setelah mengetahui kemampuan Indonesia dalam memproduksi mesin pertanian yang berkualitas melalui bantuan tersebut, juga mengindikasikan peluang untuk kerjasama investasi bagi perusahaan Indonesia dalam bidang mesin-mesin pertanian ke Kamboja. ***2***
(U-ZG/
(T.H-ZG/C/A027/A027) 22-11-2009 22:18:30

Tidak ada komentar: