Rabu, 25 November 2009

SURABAYA JALIN KERJASAMA "SISTER CITY" DENGAN VARNA BULGARIA

SURABAYA JALIN KERJASAMA "SISTER CITY" DENGAN VARNA BULGARIA

London, 25/11 (ANTARA) - Kota Surabaya menjalin kerja sama "Sister City" dengan salah satu kota di Eropa Timur, yakni Kota Varna, Bulgaria dengan ditandatanganinya Letter of Intent (LoI) antara Pemerintah Kota Surabaya, dan Kota Varna di Bulgaria.

Penandatangan itu dilakukan Walikota Surabaya, Bambang Dwi Hartono, dan Walikota Varna, Kiril Yordanov disaksikan Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang dan Direktur Kebudayaan dan Krassimir Simov, anggota Varna City Council Rumen Serafimov.

Sekretaris Tiga KBRI Sofia, Aditya Timoranto kepada koresponden Antara London, Rabu menyebutkan Walikota Surabaya dan Delegasi Pemkot Surabaya mengadakan kunjung kerja ke Kota Varna tanggal 23-25 November.
Acara penandatangan LoI tersebut juga disaksikan tiga anggota Delegasi Pemkot Surabaya, Muhlas Udin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ikhsan, Kabadan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana serta Antiek Sugiarti, Kabag Kerjasama.

Sementara dari pihak Kantor Walikota Varna disaksikan tiga Wakil Walikota yaitu Hristo Bozov (bidang kerjasama internasional), Kosta Bazitor (bidang pendidikan dan kebudayaan) dan Venelin Jechev (bidang pembangunan kota dan lingkungan hidup).

Penandatangan kerja sama tersebut bertujuan untuk mempromosikan keinginan baik, persahabatan, dan saling pengertian serta kerjasama yang menguntungkan antara masyarakat dari kedua kota.

Kerja sama itu juga merupakan keinginan kedua Walikota untuk membentuk kerja sama sister city guna mendorong peningkatan kerjasama, di bidang ekonomi, industri dan perdagangan, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, transportasi, kesehatan dan rumah sakit, kebudayaan, kesenian, dan pariwisata.

Kedua Walikota sepakat menindaklanjuti pelaksanaan LoI melalui suatu Nota Kesepahaman (MOU).

Berkaitan dengan ini Walikota Varna menyambut baik undangan Walikota Surabaya untuk menandatangani bersama MOU tersebut di Surabaya pada bulan April-Mei 2010.

Kedua Walikota juga menyepakati penandatanganan MOU di Surabaya tersebut tidak bersifat protokoler, tetapi sebagai tindak lanjut konkrit nota kesepahaman.

Sehubungan dengan ini, kedua negara bertekad untuk segera mengambil langkah-langkah persiapan bagi tercapainya tujuan tersebut.

Dalam sambutan singkatnya, Dubes RI Immanuel Robert Inkiriwang menyampaikan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada kedua Walikota atas penandatangan LoI tersebut karena hal ini mendukung upaya untuk lebih meningkatkan kerjasama Indonesia-Bulgaria.

Usai acara penandatanganan, Dubes RI dan delegasi Walikota Surabaya melakukan pertemuan dengan Rektor Varna University of Medicine (VUM), Prof. Aneliya Klissarova, MD, PhD.

Pada kesempatan tersebut Prof. Klissarova menyampaikan draft MOU mengenai kerjasama VUM dengan salah satu universitas di Surabaya.

Walikota Surabaya menyambut baik draft MOU ini dan mengharapkan akan menjadi salah satu tindak lanjut konkrit MOU kerjasama sister city Surabaya-Varna, dan akan menyampaikannya kepada Rektor salah satu universitas di Surabaya.

Selama di Varna Walikota Surabaya juga mengadakan pertemuan dengan Direktur Eksekutif Pelabuhan Varna, Danail Papazov, dan sekaligus meninjau fasilitas pelabuhan tersebut.

Surabaya dan Varna merupakan kota bisnis dan kota pelabuhan kedua terbesar di negaranya masing-masing.

Penandatanganan LoI tersebut akan membuka jalan terbentuknya kerjasama sister city untuk yang pertama kalinya bagi Surabaya dengan salah satu kota di Eropa Timur dan bagi Varna dengan salah satu kota di Asia.

Surabaya sebelumnya memiliki kerjasama sister city dengan Seattle (AS), Busan (Korsel), Guangzhou (China), Xiamen (China), Kochi (Jepang).

Sedangkan Kota Varna memiliki kerjasama sister city dengan Kota Aalborg (Denmark), Dordrecht (Belanda), Kharkiv (Ukraina), Odessa (Ukraina), Malmo (Swedia), Turku (Finlandia), Miami (AS), Rostock (Jerman).

Selain itu juga dengan Novorossiysk (Rusia), Pireus (Yunani), Medellin (Kolombia), Memphis (AS), Amsterdam (Belanda), Washington (Inggris), Karlsruhe (Jerman), Boston (AS), Wels (Austria), Vysoke Myto (Ceko), Genoa (Italia), Lyon (Perancis), St. Petersburg (Rusia), dan Szeged (Hongaria).

Kota Varna merupakan kota kedua terbesar di Bulgaria dengan penduduk 355.450 jiwa terkenal sebagai kota bisnis dengan memiliki pelabuhan laut internasional Varna yang modern dan Varna International Airport.

Varna juga merupakan pusat budaya dan pariwisata dan dijuluki "ibukota musim panas Bulgaria".

Kota Varna dan Surabaya selain memiliki kesamaan sebagai kota pelabuhan dan kota bisnis yang sibuk, juga merupakan tempat markas AL dan Akademi Militer AL. ***2***(U-ZG)

(T.H-ZG/B/S006/S006) 25-11-2009 17:24:02

Tidak ada komentar: