Senin, 30 Juni 2008

DUBES SLAMET MUSTAFA TERIMA "MASTER DE ORO"

DUBES SLAMET MUSTAFA TERIMA PENGHARGAAN "MASTER DE ORO" DARI SPANYOL

London, 1/7 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Kerajaaan Spanyol, Slamet S. Mustafa, menerima penghargaan Master de oro berupa patung berlapis emas dari Forum de Alta Direccion yang diserahkan Presiden Forum de Alta Direccion, Carlos Escudero de Buron, Senin.

Penghargaan Master de oro dari Forum de Alta itu diberikan kepada Dubes Slamet S. Mustafa atas jasa yang dilakukan dalam meningkatkan hubungan bilateral antara Spanyol dan Indonesia khususnya Bidang ekonomi, perdagangan dan kebudayaan.

Pelaksana Pensosbud KBRI Madrid, Allen Simarmata kepada ANTARA London, Selasa, mengatakan penghargaan diserahkan dalam satu acara yang dihadiri kalangan profesional Spanyol dan anggota Forum de Alta Direccion serta staf KBRI Madrid.

Presiden Forum de Alta Direccion, Carlos Escudero de Buron menyampaikan penghargaan Master de Oro kepada Duta Besar didasarkan atas jasa Slamet Mustafa dalam peningkatan hubungan bilateral antara Spanyol dan Indonesia khususnya di bidang kebudayaan, ekonomi dan perdagangan.

Dalam sambutan balasan Dubes Slamet Mustafa antara lain menyampaikan penghargaan pada Forum de Alta Direccion dan mengharapkan hubungan Spanyol dan Indonesia yang memasuki 50 tahun senantiasa mendapat dukungan semua pihak.

Ia juga mengatakan penghargaan yang diberikan merupakan penghargaan bagi seluruh staf KBRI yang aktif dalam meningkatkan hubungan kedua negara dan selalu terbuka lebar dalam membantu para investor Spanyol untuk masuk ke Indonesia.

Forum de Alta direccion dibentuk tahun 1982 oleh kelompok akademisi dan pengusaha professional yang berpartisipasi pada transisi demokrasi Spanyol.

Forum ini di bawah naungan Raja Spanyol Juan Carlos I memiliki lebih dari 800 anggota yang terdiri para tokoh dan profesional terkemuka dalam semua sektor kehidupan masyarakat Spanyol.

Sebelumnya Forum de Alta Direccion juga telah memberikan penghargaan berupa Master de Oro kepada kalangan profesional, akademisi, birokrat, tokoh masyarakat, politisi dan rohaniawan serta Dubes asing di Spanyol.

Dari kalangan pengusaha yang menerima penghargaan Master de oro tahun 2008, antara lain, presiden Telefonica Internacional, Presiden Repsol YPF, Presiden de Caja Duero. Sedangkan dari kalangan korps diplomatik antara lain Dubes Amerika Serikat, Rusia dan China.

Pada tahun 1995 Forum de Alta Direccion memberikan penghargaan kepada Ratu Spanyol Reina Sofia, bertempat di istana Zarzuela atas jasa Ratu melalui yayasan Ratu Sofia yang bergerak dalam proyek penanganan penyakit Alzheimer.

Menurut Alen Simarmata, hubungan bilateral Indonesia Spanyol memasuki usia 50 tahun ini dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan.

Di Bidang perdagangan mengalami peningkatan. Pada tahun 2006 total nilai perdagangan bilateral antara kedua negara mencapai 1.862.756 euro dan pada tahun 2007 mencapai 2.133.297 euro, surplus bagi Indonesia sebesar 1.735.807 euro.

Pada January-Maret nilai perdagangan antara kedua negara mencapai 501.899 euro surplus bagi Indonesia sebesar 416.271 euro.

Sedangkan di bidang ekonomi semakin banyak perusahaan Spanyol yang menginvestasikan modalnya di Indonesia, baik di sektor properti, agen perjalanan, rumah sakit, konstruksi, infrastruktur, telekomunikasi, penerbangan, pengolahan limbah, air minum dan lainnya, demikian Allen Simarmata. (T.H-ZG/B/A026/A026) 01-07-2008 02:23:27

Tidak ada komentar: