Kamis, 05 Juni 2008

"Opera Jawa" di Praha

"Opera Jawa" Sedot Warga Praha



London, (ANTARA News) - Penampilan Artika Sari Dewi dalam "Opera Jawa" mampu menyedot perhatian pemirsa di Studio Mini KBRI Praha pada Selasa.

Masyarakat dan Friends of Indonesia di Praha sudah sejak lama menantikan pemutaran film yang sangat terkenal dan banyak meraih penghargaan tersebut, demikian Sekretaris I Pensosbud KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada ANTARA London, Rabu.

Para penonton dengan antusias menikmati setiap dialog dan adegan yang dilakonkan Artika Sari Devi, Martinus Miroto dan Retno Maruti.

Selesai pemutaran, acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu Azis Nurwahyudi, pelaksana fungsi Pensosbudpar KBRI Praha. Dalam diskusi itu, para pemirsa mengungkapkan berbagai pendapatnya, dan menyatakan film tersebut sangat bagus dan layak mendapat penghargaan di tingkat internasional.

Diantara mereka yang hadir adalah Profesor Zorica Dubovska, pakar budaya Indonesia yang akan mendapat penghargaan dari Pemerintah Indonesia minggu depan. Dubovska mengatakan film tersebut luar biasa dan sarat dengan simbol serta makna budaya Jawa yang sangat dipahami.

Sementara itu, Iva Grasskopfova dari TV Ceko menyatakan kekagumannya atas budaya Jawa setelah melihat film yang dialognya dituturkan dengan lagu sehingga ada kemiripan dengan opera yang mereka kenal selama ini.

Iva juga tak henti-hentinya memuji penampilan para artis yang disutradarai oleh Garin Nugroho tersebut.

Pemutaran film merupakan acara rutin KBRI Praha yang tahun ini digelar dalam rangka memperingati 50 Tahun Perjanjian Kebudayaan Indonesia - Ceko.(*)

COPYRIGHT © 2008

Tidak ada komentar: