Minggu, 08 Juni 2008

DUTA MUDA ASEAN KE AMERIKA

DUTA MUDA ASEAN INDONESIA DIUNDANG KE AMERIKA SERIKAT

London, 8/6 (ANTARA) - Duta Muda ASEAN Indonesia 2007 diundang pemerintah Amerika Serikat untuk berkunjung ke negara tersebut dalam International Visitor Leadership Program (IVLP) mulai 6-28 Juni mendatang.

Kesebelas duta muda yang dipilih Departemen Luar Negeri RI tersebut akan berkunjung ke beberapa negara bagian seperti Washington DC, Philadelphia, Oklahoma, Illinois, Ohio dan Washington States, demikian Koordinator Pemilihan Duta Muda ASEAN-Indonesia 2007, Azis Nurwahyudi kepada ANTARA, London, Minggu.

Menurut Azis Nurwahyudi, keberangkatan duta muda ASEAN Indonesia dilepas oleh Charge d'Affaires Kedubes AS di Jakarta John A. Haffern Kamis lalu.
Para duta muda tersebut merupakan mahasiswa dari UGM, UI, Unpar, Unpad, IPB, Unair, Unud, ITB, dan USU. Dalam Program IVLP mereka akan secara langsung mempelajari kehidupan masyarakat Amerika melalui kesempatan bertemu dengan pemuda dan para pemimpin negara tersebut.

Dikatakannya para duta muda akan melakukan diskusi di universitas dan berbagai institusi yang telah dijadwalkan.

Tema diskusi yang akan diangkat berkaitan dengan perkembangan politik, ekonomi, sosial dan budaya, terutama yang menyangkut hubungan Amerika dan Indonesia serta ASEAN.

Menurut Azis Nurwahyudi, para duta muda ASEAN itu juga akan mengunjungi berbagai tempat menarik dan melakukan pertunjukan seni budaya.

Diharapkan para Duta Muda dapat mempelajari tentang Amerika melalui pengalaman dan diskusi yang terbuka dari berbagai aspek, sehingga dapat tercipta saling pengertian di antara para pemuda sebagai calon pemimpin bangsa.

Menurut Koordinator Pemilihan Duta Muda ASEAN-Indonesia 2007, Azis Nurwahyudi, kegiatan IVLP ini dirancang untuk memberikan perspektif mengenai perkembangan dan tantangan yang tengah dihadapi oleh dunia, terutama yang menyangkut hubungan Amerika dan ASEAN.

Para duta muda ini dipilih dari kompetisi yang sangat ketat dengan kriteria mampu dan pantas untuk menjadi wakil pemuda Indonesia dalam berbagai kesempatan baik di dalam maupun di luarnegeri.

Selama ini para duta muda ASEAN mengemban tugas dalam berbagai kesempatan. Selain ke negara-negara ASEAN, mereka juga mengikuti pertemuan pemuda ke Cina, Korea, India, Ceko, Kapal Pemuda ASEAN dan Pertukaran Pemuda ke Kanada dan Australia. ***4***U-ZG)(T.H-ZG/B/E001/E001) 08-06-2008 17:14:02

Tidak ada komentar: