Rabu, 18 Juni 2008

TVRI IKUT FESTIVAL GOLDEN PRAGUE

TVRI IKUT FESTIVAL TELEVISI INTERNASIONAL GOLDEN PRAGUE


Praha, 18/6 (ANTARA) - Stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) mengikuti Festival Televisi Internasional "Golden Prague", yang digelar untuk ke 45 kalinya di kota Praha yang berlangsung sejak 14 hingga 18 Juni 2008.


Panitia "Golden Prague" mengundang wakil dari TVRI untuk melakukan presentasi dalam acara "The Evening with the Indonesian Televison," Selasa malam, yang dimeriahkan dengan menampilkan kesenian Tari Bali dan gamelan asuhan KBRI Praha.


Acara yang mendapat sambutan ratusan insan pertelevisian dunia yang memenuhi gedung Zopin Palace yang berada di tengah tengah kota Praha, Produser Program Kesenian TVRI Agoes Widjojono menjelaskan berbagai acara kesenian yang ditayangkan TVER, yang berdiri Agustus 1962 itu.


Dikatakan, TVRI merupakan lembaga penyiaran publik yang bertujuan memberikan informasi untuk kepentingan publik secara nentral, independen dan tidak mengambil keuntungan.


Menurut Agoes, TVRI mempunyai satu saluran yang disiarkan secara nasional, sementara di daerah ada 27 saluran. Lembaga itu tidak mengunakan rating seperti lembaga penyiaran swasta, karena TVRI ada di 27 propinsi, sementara rating mencover 10 kota besar dari 440 kota yang ada di seluruh Indonesia.


Dalam presentasinya Agoes juga memperlihatkan berbagai macam program kesenian yang ditampilkan TVRI seperti Musik Keroncong yang merupakan etnik Indonesia, musik Dangdut yang banyak digemari kalangan bawah, musik Campursari yang merupakan campuran gamelan dan istrumen musik moderen yang berkembang di bagian pusat dan tengah Jawa.


Selain itu TVRI juga menampilkan Dendang Melayu serta musik modern seperti Jazz yang makin popular di Indonesia dengan digelarnya setiap tahun Jakarta Jazz Internasional Festival, musik country, Hawaiian dan juga Blues.


Sementara itu Dubes RI untuk Ceko Salim Said menyampaikan penghargaan kepada panitia "Golden Prague" yang telah mengundang TVRI dalam acara Festival Televisi Internasional tersebut dan mendedikasikan salah satu malam penyelenggaan dengan "The Evening Indonesian Television."

Hal ini diharapkan akan dapat mempererat hubungan kerjasama yang telah terjalin selama ini.


Menurut Dubes, diundangnya TVRI dalan festival ini juga merupakan rangkaian dari Peringatan 50 tahun perjanjian kerjasama kebudayaan Indonesia-Ceko.


Diakuinya dunia pertelevision di Indonesia berkembang pesat saat ini dan Indonesia memiliki 11 stasiun TV yang dapat ditonton oleh seluruh masyarakat Indonesia di seluruh negeri.(U-ZG)
(T.H-ZG/B/S004/S004) 18-06-2008 08:50:25


Tidak ada komentar: