Kamis, 19 Juni 2008

"INDONESIAN DAY" DI DEBRECEN

KBRI HONGRIA GELAR "INDONESIAN DAY" DI KOTA DEBRECEN


London, 19/6 (ANTARA) - KBRI Hongaria menggelar pameran dan serangkaian acara mengawali "Indonesian Day" dengan menampilkan pertunjukan tari dan musik tradisional yang digelar di halaman Museum Deri di kota Debrecen.


Indonesian Day mendapatkan perhatian luas dari media massa Hongaria, diramaikan dengan pameran ulos dari Sumatra Utara yang berlangsung hingga 11 Juli mendatang, demikian Sekretaris I, Pensosbud KBRI Budapest kepada ANTARA London, Kamis.


Direktur Museum Deri, Mr. Lakner Lajos pada acara pembukaan mengatakan "Indonesian Day" merupakan awal dari kerjasama museum Deri yang berkelas nasional di Hongaria dengan Indonesia.


Sementara itu Wakil Gubernur Hajdu Bihar, Robert Kocsis, menyatakan kekaguman akan tari-tarian tradisional Indonesia yang dibawakan dengan baik oleh remaja Hongaria, yang dikatakannya sesuatu yang belum pernah dibayangkan sebelumnya.


Dubes RI untuk Republik Hongaria merangkap Kroasia, Bosnia-Herzegovina, dan Republik Makedonia, Mangasi Sihombing menjelaskan faktor-faktor yang membuat Indonesia layak sebagai tujuan wisata bagi para pelancong atau turis manca negara.


Dikatakannya keindahan Indonesia yang terletak di khatulistiwa memiliki tanah yang sangat subur yang juga dikelilingi dengan penggunungan dan kepulauan dengan kedalaman laut.


Menurut Dubes, Presiden Hongaria, Dr. Laszlo Solyom juga mengagumi keindahan Gunung Tangkuban Perahu yang dikunkunginnya saat melakukan lawatan ke Indonesia Mei lalu

Dikatakannya dengan keragaman budaya berupa ratusan kelompok etnik dan pluralisme agama lengkap dengan segala tradisi dan upacara-upacara menambah keindahan alam.


Didukung prasarana dan fasilitas pendukung dunia wisata dengan pertumbuhan ekonomi, stabilitas nasional serta keamanannya, Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata global, ujarnya.


Dubes juga menjelaskan mengenai upaya sejumlah pengusaha Hongaria yang ikut menanamkan modalnya di bidang wisata khususnya di Kawasan Raja Ampat Papua.


Hongaria yang menerima sekitar 15 juta pengunjung setiap tahun mempunyai potensi untuk penanaman modal di bidang wisata di Indonesia.


Dikatakannya bidang kesehatan dan agrobisnis merupakan bidang-bidang yang diminati para investor Hongaria di Indonesia.


Pada kesempatan itu Dubes Mangasi Sihombing, menawarkan kepada mahasiswa dari Propinsi Hajdu Bihar untuk dapat memanfaatkan beasiswa Darmasiswa untuk belajar di Indonesia tahun ajaran 2009.


Dikatakannya hingga saat ini lebih dari 150 orang Hongaria telah menerima beasiswa Darmasiswa dari pemerintah untuk warga negara asing yang ingin belajar di Indonesia.***4***(U-ZG/B/M007)(T.H-ZG/B/M007/M007) 19-06-2008 17:38:56

Tidak ada komentar: