Jumat, 20 Juni 2008

MUTUMANIKAM NUSANTARA DI SPANYOL


"MUTUMANIKAM NUSANTARA" JALIN KERJASAMA DENGAN SPANYOL


London, 20/6 (ANTARA) - Koordinator "Mutumanikam Nusantara", Ny. Herawatie Wirajuda dan Presiden Asosiasi Perhiasan dan Perajin Perak Spanyol, Jose Luis Fernandez Aldao, di Madrid menjalin kerjasama di bidang perhiasan dan kerajinan yang dituangkan dalam bentuk pernyataan minat untuk kerjasama (letter of intent).


Penandatangan kerjasama itu dilakukan dalam acara pameran perhiasan dan produk kerajinan serta promosi pariwisata Indonesia, disaksikan Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Slamet S. Mustafa yang digelar di gedung KBRI Madrid.


Pelaksana Fungsi Sosial dan Budaya KBRI Spanyol, Allen Simarmata dalam keterangannya yang diterima ANTARA London, Kamis, mengatakan pameran kerajinan diadakan KBRI Madrid bekerjasama dengan Mutumanikam Nusantara dan Depbudpar.


Dalam perjanjian kerjasama itu mencakup kegiatan pengorganisasian, promosi bersama dan kegiatan amal serta kerjasama dalam meningkatkan keahlian, pengetahuan dan kualitas perhiasan permata dan perajin batu mulia dari Indonesia.


Allen Simarmata mengatakan pihak asosiasi perhiasan dan perajin perak Spanyol tertarik menjalin kerjasama dengan Mutumanikam setelah melihat langsung koleksi perhiasan produk perajin tradisional Indonesia.


Dikatakannya pameran Mutumanikam Nusantara yang digelar di KBRI Madrid merupakan yang pertama, sebelumnya pameran serupa juga diadakan di Indonesia, Tokyo, Dubai, London, Paris, Brussel, Italia, New York, Los Angeles dan Toronto.


Selanjutnya pameran perhiasan dan produk kerajinan Mutumanikam Nusantara yang merupakan organisasi nirlaba yang didirikan atas prakarsa Ibu Negara Ani Yudhoyono dan didukung istri Wakil Presiden Ny Jusuf Kalla itu dilanjutkan di Almaty, Kazakhstan.


Selain mengundang masyarakat Spanyol, pengusaha dan pecinta perhiasan, KBRI Madrid juga mengundang pengusaha negara sekitarnya seperti dari Portugal, Aljazair, Tunisia dan Maroko.


Sekitar 500 undangan menghadiri acara pembukaan pameran koleksi perhiasan Mutumanikam Nusantara karya perajin Indonesia itu dimeriahkan dengan pertunjukan tarian Indonesia dan peragaan busana karya perancang busana terkenal Indonesia, Sthepanus Hamy.


Kain batik eksklusif hasil rancangan Sthepanus Hamy dipadu dengan perhiasan produk Mutumanikam Nusantara, diperagakan peragawati dari Indonesia dan juga peragawati Spanyol mendapat sambutan meriah dari undangan.


Selain perhiasan dan produk kerajinan, dalam pameran Mutumanikam Nusantara juga dipromosikan pariwisata Indonesia yang dikaitkan dengan program Visit Indonesia Year 2008.


Halaman KBRI dijadikan tempat pameran eksklusif dengan tenda-tenda nuansa Indonesia serta dipadu dengan rangkaian bunga segar dan pajangan kerajinan tangan.


Suasana stand yang teduh yang berada di lobi KBRI diperindah dengan dua saung kecil sebagai tempat pajangan produk kerajinan dengan latar spanduk wisata Borobudur serta menghadirkan peragaan ketrampilan seorang perajin batik dari Indonesia.***2***
(T.H-ZG/B/A026/B/A026) 20-06-2008 03:38:16



Tidak ada komentar: