Jumat, 20 Juni 2008

REFUFEST DI PRAHA

TARI BAJIDOR KAHOT AWALI REFUFEST DI PRAHA, CEKO


London, 21/6 (ANTARA) - Tari Bajidor Kahot asal Indonesia yang dibawakan oleh tiga dara cantik, mengawali pembukaan RefuFest yang digelar di Namesti Miru, Praha, Ceko.


RefuFest adalah festival tahunan di Praha yang menghadirkan kesenian dari berbagai komunitas etnis yang ada di Ceko, ujar Sekreatris I Pensosbud KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada ANTARA London, Sabtu.


Dalam RefuFest itu ditampilkan berbagai atraksi budaya dari mancanegara antara lain Indonesia, Myanmar, Cina, Afghanistan, Siria, Arab, dan Eropa Timur lainnya.


Selain tari Bajidor Kahot, Indonesia juga menampilkan Tari Topeng asal Cirebon, Margapati, dan Gabor yang ditarikan dara-dara cantik yang tergabung dalam group Kintari yang bekerjasama dengan KBRI Praha, ujarnya.


Dikatakannya kelincahan para penari Bajidor Kahot mengundang decak kagum penonton. Bahkan beberapa penonton ikut mencoba menirukan gerakan tarian yang mengandalkan goyangan pinggul tersebut.


Indonesia juga memamerkan berbagai barang tradisional termasuk perhiasan khas yang bisa dibeli oleh pengunjung.


Peserta pameran adalah para mantan penerima Beasiswa Dharmasiswa, yang menurut rencana akan menyumbangkan hasil penjualan barang-barang tersebut untuk dana pendidikan anak-anak yang kurang mampu di Lombok, Nusa Tenggara Barat.


Pengenalan budaya Indonesia kepada berbagai kelompok etnis yang ada di Ceko ini diharapkan akan menumbuhkan sikap saling pengertian dan menghargai berbagai perbedaan yang ada.


Azis Nurwahyudi mengatakan bahwa Indonesia diminta mengawali RefuFest ini karena bertepatan dengan peringatan 50 Tahun Perjanjian Kebudayaan Indonesia-Ceko yang diperingati tahun ini. ***5***(U-ZG/B/M007)(T.H-ZG/B/M007/M007) 21-06-2008 09:42:02


Tidak ada komentar: