Kamis, 19 April 2012

DPR KE EROPA



            PPI SIKAPI KUNJUNGAN DPR KE EROPA

          London, 18/4 (ANTARA) -  Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) - Kawasan Eropa dan Amerika menyampaikan Pernyataan Sikap Bersama masalah kunjungan kerja anggota DPR RI kesejumlah negara Uni Eropa belakangan ini.

   
    Dalam hal menyikapi agenda kunjungan kerja dan studi banding  delegasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) - RI ke beberapa negara-negara Uni Eropa, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) kawasan Eropa dan Amerika mengapresiasi segala upaya yang dilakukan dalam rangka melaksanakan fungsi  dan tugas DPR RI.

   
Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) - Kawasan Eropa dan Amerika, A.Rohim Boy Berawi kepada ANTARA London, Rabu menyebutkan

Dengan mempertimbangkan program kerja yang dibawa dan memperhatikan hasil kunjungan anggota DPR RI pada tahun-tahun sebelumnya, PPI kawasan Eropa dan Amerika mengeluarkan pandangan dan sikap sebagai berikut.

   
Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) kawasan Eropa dan Amerika meminta kepada DPR RI untuk bersikap transparan dan terbuka mengenai tujuan, program kerja/agenda, biaya perjalanan, dan hasil¿hasil yang ingin dicapai kepada seluruh masyarakat Indonesia.

   
Akses informasi tersebut harus diumumkan secara terbuka sebelum keberangkatan dilaksanakan.

   
Meminta kesediaan dari Delegasi DPR RI untuk berdialog dengan masyarakat Indonesia dan pihak PPI negara yang bersangkutan mengenai tujuan dan programnya, serta kesediaan untuk didampingi selama pelaksanaan kunjungan kerja/studi banding.

   
Selain itu, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat luas, DPR RI juga diminta bersedia  guna mensosialisasikan hasil kunjungan kerja yang berupa laporan, rekomendasi dan lainnya untuk dipublish di situs komisi atau DPR.

   
Merekomendasikan kepada DPR RI untuk mempelajari dan menggunakan fasilitas teknologi seperti internet dan video conference sebagai alat transfer informasi, dengan tetap memperhatikan kefektifan tujuan yang ingin dicapai dan demi efisiensi dana.

   
Transfer Informasi dan pencarian data juga dapat memanfaatkan perwakilan KBRI, PPI dan para pakar baik dari dalam dan luar negeri.

   
Meminta DPR RI untuk memiliki sense of crises di tengah keterpurukan ekonomi bangsa, dengan lebih memprioritaskan alokasi anggaran pada program-program yang bermanfaat dan menyentuh keberpihakan pada masyarakat.

   
Sehingga keputusan untuk melakukan kunjungan kerja/study banding hendaknya memiliki urgensi program, ketepatan sasaran dan penghematan anggaran, yang dapat dipertanggungjawabkan dan dijelaskan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

   
Perlu juga diingat bahwa kunjungan kerja/studi banding ini telah dilakukan berulang kali pada negara yang sama walaupun oleh komisi yang berbeda. Hal tersebut merupakan pemborosan negara, dimana kunjungan kerja/studi banding yang dilakukan belum teruji efektifitas dan manfaatnya

Jika kalau point pertama dan kedua dalam pernyataan sikap ini tidak diindahkan, dan pihak delegasi DPR RI tidak dapat mempertanggungjawabkan hasil-hasil yang dicapai selama kunjungan maka aliansi PPI Kawasan Eropa dan Amerika menyatakan menolak secara tegas terhadap kedatangan Tim Delegasi DPR RI

Pernyataan sikap yang disampaikan para pelajar di luar negeri diharapkan dapat memberikan konstribusi positif kepada masyarakat luas dan khusunya bagi peningkatan kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, demikian A.Rohim Boy Berawi. (ZG)

(T.H-ZG/B/M009/M009) 18-04-2012 08:05:12

Tidak ada komentar: