Kamis, 26 April 2012

ESTONIA

                KEMAJUAN INDONESIA MENDAPAT APRESIASI PRESIDEN ESTONIA

         London, 27/5 (ANTARA) - Presiden Estonia, Toomas Hendrik Ilves menyampaikan kekagumannya sekaligus apresiasi atas kemajuan yang telah dicapai Indonesia selama ini dan menyampaikan salam hormatnya kepada Presiden RI.

        Hal itu disampaikan Presiden Ilves ketika menerima Dubes RI, Elias Ginting, yang menyerahkan surat-surat kepercayaan di Istana Kepresidenan Estonia (Kadriorg Palace), demikian Minister Counsellor KBRI  Helsinki, Rumondang Sumartiani kepada ANTARA London, Kamis.

        Pada kesempatan itu, Duta Besar (Dubes) RI untuk Republik Finlandia, merangkap Republik Estonia, Elias Ginting, menyerahkan 'Letters of Recall' dan Surat-Surat Kepercayaan ('Letters of Credential') dari Presiden RI kepada Presiden Republik Estonia, Toomas Henrik Ilves dalam suatu upacara resmi.

        Acara dimulai dengan penjemputan oleh Protokol Kemlu Estonia menuju Istana Presiden. 
   Kemudian Dubes RI disambut 'Chief of Protocol Estonia' di halaman Istana Kepresidenan, dan dilanjutkan dengan prosesi sambutan kehormatan dengan pengumandangan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, serta inspeksi pasukan kehormatan.

        Di dalam Istana Kepresidenan, Dubes diperkenalkan kepada jajaran Sekretariat Kabinet Kepresidenan dan Pejabat Kemlu Estonia, lalu selanjutnya diadakan acara puncak, yaitu prosesi penyerahan 'Letters of Recall' beserta Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Estonia.

        Sesudah penyerahan Surat-Surat Kepercayaan, Presiden Estonia mengundang Dubes RI untuk melakukan audiensi tertutup selama 20 menit.

        Dalam audiensi itu, Dubes menyampaikan salam hangat dari Presiden RI bersama seluruh rakyat Indonesia kepada Presiden dan Rakyat Estonia.

        Pada kesempatan itu juga, Dubes menyampaikan secara singkat situasi umum di Indonesia, khususnya mengenai perkembangan ekonomi Indonesia, beserta harapan agar hubungan bilateral kedua negara yang selama ini telah berjalan dengan baik dapat lebih ditingkatkan di segala bidang.

        Presiden Ilves selanjutnya menyampaikan harapannya agar Indonesia dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki kedua negara serta meningkatkan kerjasamanya terutama di bidang ekonomi, pendidikan, teknologi informasi, budaya dan turisme.

        Bentuk kerjasama yang dapat dilakukan, menurutnya, antara lain dalam bentuk kunjungan misi dagang, misi budaya, dan pengenalan kuliner Indonesia.

        Menanggapi hal tersebut, Dubes menyampaikan Indonesia memiliki komitmen untuk lebih meningkatkan hubungan bilateralnya dengan Estonia dan menyambut baik rencana penunjukan Duta Besar Estonia untuk Indonesia berkedudukan di Tallin.

        Indonesia mengharapkan, demikian Dubes, agar suatu saat Estonia dapat membuka kedutaan besarnya di Jakarta.

        Upacara penyerahan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Estonia berlangsung dalam suasana yang hangat dan bersahabat.

   
***1***
(T.ZG/
(T.H-ZG/B/M036/M036) 27-04-2012 02:59:49

Tidak ada komentar: