Kamis, 26 April 2012

KULINER DI ATHENA

                PERJALANAN KULINER NUSANTARA DI ATHENA

         London, 27/4 (ANTARA) - KBRI Athena bekerjasama dengan Hotel 'The Westin Athens', 'Astir Palace Beach Resort', Perusahaan Pariwisata 'Travel Plan', 'Insider Magazine' dan Radio 92.3 FM,  mengadakan 'Indonesian Food Festival' sejak 20 April hingga 29 April mendatang di Hotel 'Westin Athens', 'Astir Palace Beach Resort', Athena.

        "Kegiatan ini menandai berakhirnya masa penugasan Duta Besar (Dubes) Ahmad Rusdi yang telah berlangsung selama tiga  tahun,  ujar Sekretaris satu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Athena, Jani Mediawati Sasanti kepada ANTARA London, Jumat.

        Selama sepuluh hari, menurutnya, kuliner dari berbagai daerah di Indonesia mewakili kekayaan budaya bangsa "menggoyang lidah" pengunjung restaurant 'Al Fresco', 'Astir Palace Beach Resort'.

        Dikatakan, hotel resort bintang lima yang terletak tepat di semenanjung 'Athenian Riviera' ini merupakan salah satu hotel yang paling prestisious di Yunani.

        Dengan pantai privat milik hotel, lanjutnya, 'Astir Palace Beach Resort' selalu dipenuhi tamu, terutama pada musim semi dan panas. 
   Sementara itu, demikian Jani, suasana restoran 'Al Fresco' disulap bertemakan khas Indonesia dengan penempatan berbagai barang kerajinan seperti tembikar, wayang golek dan wayang kulit.

        "Ada juga pajangan berupa dakon, besek dari anyaman tikar, angklung, lukisan batik dan patung-patung kayu 'loro blonyo'  di sudut-sudut restoran," tuturnya.

        Sementara itu, 'Patung Burung Jatayu' dan dua buah payung Bali merah yang berada di pintu masuk restoran, menurutnya, siap menyambut para penikmat makanan Indonesia.

        Dikatakan, atmosfer khas Indonesia semakin terasa ketika pihak hotel memutar gending Jawa, Bali dan Sunda sebagai musik pengiring.

        Jani mengatakan, setiap harinya pada saat santap malam dan siang, berbagai menu makanan dari seluruh Nusantara siap disantap pengunjung, baik tamu hotel maupun pecinta makanan Indonesia yang datang menikmati.

        "Otak-otak ikan, tahu gejrot, lumpia Semarang dan sate merupakan pilihan untuk makanan pembuka. Sedangkan untuk seleksi sup, disediakan soto Kudus, laksa Bogor dan kimlo Solo," ungkapnya. 
   Lalu, sebagai makanan utama, tuturnya, tersedia pilihan nasi liwet, nasi Lombok, masi Bali, nasi Uduk, nasi negana dan mie godok Jawa.

        "Kemudian sebagai penutup, dihidangkan menu pisang goreng, ongol-ongol, kelepon, wajik ketan disertai dengan bandrek dan wedang jahe yang siap untuk menemani para tamu," katanya.

        Dikatakannya lagi, untuk menambah semarak festival ini, KBRI berhasil mendatangkan anggota grup Gema Citra Nusantara (GCN) dari Indonesia dengan menampilkan beberapa tarian nusantara.

        Selama empat malam, para penari GCN di bawah pimpinan Ny Mira Arismunandar, selaku Sekjen Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), dengan luwes membawakan tari piring, tari lenggang nyai dan tari legong keraton di depan sekitar 100 pengunjung.

        Dubes RI untuk Republik Yunani, Ahmad Rusdi dalam rangka festival makanan Indonesia menyampaikan, kuliner Nusantara yang kaya akan ragam dan cita rasa, merupakan salah bentuk khazanah budaya Indonesia dan ingin dipromosikan kepada masyarakat setempat maupun internasional.

        Dikatakan, festival bertujuan memperkenalkan kuliner Nusantara sebagai bagian dari jati diri bangsa yang identik dengan aneka menu seperti sate, rendang dan nasi goreng.

        Diharapkan, lidah masyarakat internasional akan selalu teringat 'trade mark' Indonesia ketika mendengar nama makanan tersebut.

        Juga ia mengharapkan, melalui kegiatan ini, kuliner Indonesia dapat menjadi bagian dari khasanah kuliner global dan salah satu pilihan utama sajian internasional.

        Dubes Rusdi melalui kegiatan ini juga mendorong lebih banyak wisatawan negara lain terutama dari Yunani untuk berkunjung ke Indonesia.

        Dijelaskan Jani kemudian, sebagai bagian dari festival ini, diadakan pula demo masak di hadapan pengunjung restoran dan kepada kalangan istri Dubes serta anggota 'Women International Club Athens'.

   
***2***
(T.H-ZG/B/M036/M036) 27-04-2012 04:40:47

Tidak ada komentar: