Kamis, 26 April 2012

DPRD JATIM


DPRD JATIM STUDI BANDING KEPARIWISATAAN DUBAI

            London, 25/4 (ANTARA) -  Tim Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur mengadakan kunjungi kerja ke Dubai dalam rangka studi banding untuk melihat dan mempelajari manajemen dan penataan sektor pariwisata di negara tersebut.

           Delegasi Komisi B DPRD Jatim terdiri dari Ir. H. Artono (F-PKS), Drs. H. Subianto, M.M. (F-PD), Drs. Ali Mudji, M.S. (F-PDIP), Sutrisno, M.P. (F-Gerindra), Drs. Rahman Agung (Staf Sekretariat Komisi B), ujar Sekretaris Pertama/ Konsul Fungsi Pensosbud  KJRI Dubai, Adiguna Wijaya kepada ANTARA London, Rabu.

           Konsul Jenderal RI Dubai, Mansyur Pangeran, menerima kunjungan Delegasi Komisi B DPRD Jawa Timur di KJRI Dubai mengharapkan melalui kunjungan kerja ini dapat memberikan kontribusi terhadap perbaikan sektor pariwisata Jawa Timur.

           KJRI Dubai memfasilitasi beberapa kegiatan pertemuan dengan instansi terkait di Dubai, yaitu Dubai Tourism and Commerce Marketing (DTCM) dan Visit Indonesia Tourism Office (VITO) Perwakilan Kawasan Timur Tengah.

           Konjen Mansyur menyampaikan apresiasi atas kunjungan kerja delegasi DPRD Jatim ini sejalan dengan salah satu program kerja bidang ekonomi KJRI Dubai tahun 2012, yaitu penguatan promosi sektor pariwisata Indonesia di wilayah kerja KJRI Dubai.

           Sementara itu, dalam sambutannya ketua delegasi Ir. H. Artono menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penerimaan Konsul Jenderal RI Dubai serta bantuan fasilitasi yang diberikan KJRI Dubai dalam rangka menyukseskan kunjungan kerja ini. Disampaikan pula mengenai latar belakang kunjungan kerja dan dipilihnya Dubai sebagai kota tujuan kunjungan kerja kali ini.

           Dalam pertemuan itu Konjen Mansyur menyampaikan informasi seputar perkembangan industri pariwisata Dubai.  Pemilihan Dubai sebagai tujuan kunjungan kerja sangat tepat mengingat posisi Dubai menjadi salah satu kota tujuan wisata terkemuka di dunia.

           Dikatakannya tercatat 9,3 juta wisatawan asing berkunjung ke Dubai, dengan peningkatan rata-rata 10 persen setiap tahun. Tingginya volume lalu lintas manusia dari berbagai bangsa yang berkunjung atau melewati Dubai dan semakin meningkatnya GDP per kapita - tahun 2011 mencapai  49 ribu dollar AS.

           Konjen Mansyur menggarisbawahi kemajuan pembangunan sektor pariwisata Dubai serta berbagai capaian yang  berhasil diraih dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun.

           Kekuatan Dubai sebagai hubungan dagang bagi barang, jasa, keuangan dan manusia dengan letak yang strategis menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat internasional.

           Kelengkapan sarana dan prasarana, infrastruktur, faktor keamanan dan kenyamanan serta keunikan Dubai dengan icon yang serba "ter", terbesar, termahal, termegah menjadikan Dubai sebagai kota tujuan utama wisatawan mancanegara, menyaingi  kota besar lain seperti Paris dan London.

           Visi dan fokus pembangunan yang kuat dari Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UAE yang juga Ruler of Dubai, dalam mendorong sektor bisnis yang dikolaborasi dengan pariwisata  menjadi faktor utama keberhasilan Dubai.

           Konjen Mansyur mengharapkan  kunjungan kerja delegasi Komisi B DPRD Jatim ke Dubai dapat memperkuat upaya promosi potensi pariwisata Indonesia, terutama Jawa Timur di Dubai, serta  mendorong kerja sama antara pemerintah dan pelaku usaha kedua negara  khususnya  sektor pariwisata.

           Delegasi DPRD Jatim juga berkunjung ke Kantor Pusat DTCM dan diterima  Hamad M. Mejren, Executive Director for Business Tourism DTCM dan didampingi  beberapa pejabat DTCM yang membawahi bidang pariwisata. Serta bertemu dengan General Manager VITO  (Visit Indonesia Tourism Office) Perwakilan Kawasan Timur Tengah  Trevor Owen. ***2***
(ZG)


(T.H-ZG/B/M019/M019) 25-04-2012 06:21:15

               

Tidak ada komentar: