Kamis, 26 April 2012

KONF "OCWC"



               
INDONESIA DITUNJUK JADI TUAN RUMAH KONFERENSI "OCWC"

            London, 21/4 (ANTARA) - Atase Pendidikan KBRI London, Prof. T. A. Fauzi Soelaiman, mengatakan Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi "Open Courseware Consortium Board" (OCWC Board) di Pulau Bali, Mei 2013.

           "Hal itu merupakan suatu yang membanggakan terkait pertemuan tahunan komunitas 'open education' dunia di Queens College, University
of Cambridge, United Kingdom, baru baru ini," katanya kepada ANTARA London, Sabtu.

           Konferensi diikuti lebih dari 250 pemerhati, pegiat, dan praktisi pendidikan dari berbagai lembaga terkemuka di dunia seperti Unesco, MIT, Oxford University, The Open University UK, Kyoto University, dan Nottingham University.

           Dalam pertemuan bertema "Cambridge 2012: Innovation and Impact - Openly Collaborating to Enhance Education" itu, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) Prof. Richardus Eko Indrajit menyampaikan presentasi berjudul "Developing Open Education Ecosystem in Campus" yang merupakan hasil penelitian terhadap 350 perguruan tinggi di Indonesia.

           Dengan memberikan akses secara luas dan gratis terhadap konten pembelajaran, materi kuliah, sumber daya pendidikan, maupun hasil karya intelektual akademisi, maka diyakini akan sanggup memperbaiki kualitas pendidikan secara luas.

           Hal itu terkait dengan upaya memperluas cakupan akses pendidikan berkualitas bagi masyarakat dunia dimanapun mereka berada.

           Presentasi Aptikom itu mendapatkan sambutan dan pujian dari berbagai peserta yang mewakili sejumlah negara, seperti Jepang, Amerika, Inggris, Korea, Belanda, Mauritius, Spanyol, Kanada, Polandia, Afrika Selatan, Slovenia, Irlandia, dan Jerman.

           Melalui berbagai kesempatan, delegasi negara lain menyatakan pada dasarnya Indonesia telah cukup maju melaksanakan konsep "open education" dibandingkan negara-negara besar lainnya.

           Komunitas yang telah berdiri selama kurang lebih 11 tahun ini memiliki misi yang sama, yaitu untuk memperkenalkan sekaligus menyosialisasikan konsep keterbukaan dalam konteks penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran moderen.

           Dalam pertemuan itu Indonesia diwakili APTIKOM yang mewakili berbagai universitas di Indonesia, di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Poltek Telkom, IT Telkom, Institut Perbanas, Universitas Budi Luhur, STIKOM Bali, STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda, STMIK Poltek Cirebon, Smart IT School Medan, STMIK Banjarbaru Banjarmasin, dan STMIK Tunas Bangsa Lampung.

           Selain itu juga hadir mendampingi delegasi Indonesia adalah perwakilan dari Badan Standar Nasional Pendidikan, Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional, dan Atase Pendidikan KBRI di London, Inggris.

           Chairman dari "Open Courseware Consortium", Mary Lou Forward, secara resmi mengumumkan Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan konferensi serupa tahun 2013 oleh Open Courseware Consortium Board.

           Secara simbolis, Mary Lou Forward melakukan penyerahan kepercayaan sebagai tuan rumah kepada Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia di London, Prof. T. A. Fauzi Soelaiman, mewakili pemerintah dan delegasi Indonesia. ***3*** (ZG)
(T.H-ZG/B/E011/E011) 21-04-2012 09:26:10

Tidak ada komentar: