Kamis, 20 September 2012

PENGUSAHA INGGRIS


PENGUSAHA INGGRIS TERTARIK GARAP KA BANDARA SOETTA

          London, 20/9 (ANTARA) - Pengusaha Inggris tertarik untuk menanamkan modalnya bagi pembangunan  jalur kereta api dari Bandara Soekarno Hatta (Seotta) menuju Manggarai dengan investasi sebesar 1,1 miliar dollar AS.

         Keinginan para investor Inggris dan juga Prancis untuk menggarap pembangunan  jalur kerata api dari Bandara Soekarno Hatta ke Mangarai disampaikan dalam acara "Marketing Sounding of Indonesia's PPI Infrastructure Projects," yang digelar kantor Perwakilan BKPM London bekerjasama dengan KBRI London di Sheraton Park Lane London, Rabu.

         Responsable de projets EIFFAGE Concessions dari Perancis, Jacquea Nicolas Ojea sengaja datang ke London dari Paris untuk mengikuti seminar yang diikuti sekitar 50 pengusaha terkemuka di Inggris.

         "Perusahaan kami tertarik untuk mengarap proyek kereta api Manggarai-Soekarno Hatta," ujar Nicolas kepada ANTARA disela-sela makan siang.

         Menurut Nicolas, dalam waktu singkat ia akan ke Jakarta untuk membicarakan lebih lanjut. ¿Tidak cukup hanya dalam sehari membahas proyek yang cukup besar ini,¿ ujar Nicolas.

         Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb dalam Acara pembukaan "Marketing Sounding of Indonesia's PPI Infrastructure Projects,"  mengatakan setelah mengalami proses reformasi dan transformasi mendasar selama 15 tahun,  Indonesia adalah salah satu pasar berkembang utama yang diproyeksikan Bank Dunia akan memimpin ekonomi dunia pada tahun 2025 .

         Sementara dalam hubungan bilateral, investasi dan perdagangan Inggris (UK Trade & Investment ) Indonesia merupakan salah satu pasar yang paling besar perkembanganya, ujar Hamzah Thayeb.

         Dikatakannya sebagai pertumbuhan ekonomi yang cukup besar di Asia Tenggara dengan 6,5 persen tahun ini, sementara pertumbuhan ekonomi global aggak lamban, Indonesia berhasil membuat pertumbuhan ekonominya mencapai 6,4 persen dalam kuartal kedua 2012, sementara di beberapa sector seperti perdagangan, hotel dan restaurant serta kontruksi terus berkembang. 
    Sementara itu Deputi Kepala BKPM, Tamba Hutapea, mengatakan acara "Marketing Sounding of Indonesia¿s PPI Infrastructure Projects," juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Pemerintah Kota Semarang, Pemerintah Kota Batam dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan PT Sarana Multi Infrastruktur.

         Dikatakannya selain menawarkan pembangunan Bandara Soekarno Hatta - Manggarai Railway Project di Jakarta dan Provinsi Banten dengan nilai investasi sekitar 1,1 miliar dollar AS, BKPM juga menawarkan empat proyek lainnya yaitu proyek pengadaan air bersih di Semarang, Jawa Timur dengan nilai investasi 78 juta dollar AS.

         Proyek lainnya dalam kerangka Proyek Kerjasama Pemerintah dan Swasta (PKPS) juga bagi pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat senilai 1,0 miliar dollar AS, dan Karama Hydro Power Plant 450 MW di Sulawesi Barat yang senilai 1,355.5 juta dollar AS, serta  proyek Pengelolaan Limbah Padat di Kepulauan Riau yang senilai 120 juta dollar AS.

         Menurut Deputi Kepala BKPM, Tamba Hutapea, acara ini adalah yang ketiga yang digelar BKPM pada tahun 2012. Acara sebelumnya diselenggarakan di Hong Kong, dan di Amsterdam.

         "Kami masih memiliki tiga  pasar domestik yang akan diadakan di tiga kota di Indonesia dalam tiga bulan ke depan. Dan satu pasar luar negeri di New York," ujarnya.

         Tamba Hupatea mengakui Marketing Sounding bertujuan tidak hanya untuk mempromosikan kesadaran pasar potensial tentang keberadaan Proyek Infrastruktur dalam kerangka Proyek Kerjasama Pemerintah dan Swasta (PKPS) di Indonesia, tetapi juga untuk mendapatkan masukan dari pasar potensial untuk meningkatkan kasus bisnis dari proyek yang ditawarkan serta dokumen tender mereka.

         "Saya yakin Inggris sebagai salah satu target pasar utama proyek PKPS di Indonesia, karena, kita tahu bahwa Inggris adalah salah satu negara dengan pengalaman waktu terpanjang dalam menerapkan skema PKPS di dunia," ujarnya.

         Dalam kesempatan itu juga disampaikan kisah sukses pengusaha Inggris yang melakukan usaha di Indonesia testimonial oleh Simon Lockett CEO Premier Oil yang mengakui bahwa Indonesia merupakan negara besar dan dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami kemajuan. "Jangan pernah takut berbisnis di Indonesia," ujar Simon.

         Presiden Direktur Premier Oil itu juga mengajak para pengusaha yang akan melakukan bisnis di Indonesia untuk juga bisa mengenal lebih jauh budaya orang Indonesia. "Banyak hal yang perlu dipelajari," ujarnya menambahkan sebelum terjun langsung.

         Dikatakannya Premier Oil, perusahaan minyak dan gas asal Inggris, mencatat realisasi produksi gas di Indonesia sepanjang semester pertama  2012 sebesar 248 miliar british thermal unit per hari (bbtud), naik 26,5 persen dari periode yang sama tahun lalu 196 bbtud.

         Simon Lockett menyatakan kenaikan tersebut seiring dengan mulai berproduksinya Lapangan Gajah Baru, Blok West Natuna Blok A di Kepulauan Riau pada Oktober 2011.

         Kepala Perwakilan BKPM di London, Mayer Siburian acara market sounding ini bertujuan untuk mempromosikan  kepada investor asing kerangka Proyek Kerjasama Pemerintah dan Swasta (PKPS) dan juga masukan dari pasar dunia dalam rangka memperbaiki paket proyek bisnis.

    ***2***  (ZG)

(T.H-ZG/B/M019/M019) 20-09-2012 05:38:22

               
               

Tidak ada komentar: