Rabu, 12 September 2012

SAKSI MATA



SAKSI DETIK-DETIK PROKLAMASI HADIRI HUT RI

          London, 18/8 (ANTARA) - Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Bern  dihadiri saksi mata detik-detik  Proklamasi 1945, Ibu Roemiati.

         Dia tak tahan membendung air matanya saat menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dikibarkannya bendera Merah Putih di halaman Wisma Duta Guemligen, kediaman Dubes RI untuk Konfederasi Swiss dan Keharyapatihan Liechtenstein, Jumat.

        Roemiati telah lebih dari 35 tahun bermukim di Swiss, Dia adalah salah satu saksi mata pembacaan detik-detik proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta, pada 17 Agustus 1945, ujar Pensosbud KBRI Bern, Mohammad Budiman Wiriakusumah kepada ANTARA London, Sabtu.

        Kehadirannya di Pegangsaan Timur waktu itu adalah sebagai wakil pelajar Jakarta.

        Kedatangan Roemiati membuat Dubes Djoko Susilo terharu, mengingat kondisi kesehatannya yang menurun dalam beberapa bulan terakhir. Dengan diantar seorang dokter, Roemiati terpaksa harus tetap duduk dalam mengikuti upacara pengibaran bendera.

        Bertindak selaku pimpinan upacara adalah Djoko Susilo, yang juga berkesempatan mengadakan acara ramah tamah dan foto bersama dengan seluruh masyarakat Indonesia yang hadir, terutama dengan para sesepuh yang rata-rata telah lebih dari 20 tahun bermukim di Swiss.

        Pada malam harinya bertempat di KBRI Bern, Djoko Susilo mengadakan malam syukuran dan buka puasa bersama. ***1*** (ZG)
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 18-08-2012 21:53:24

               

Tidak ada komentar: