Rabu, 12 September 2012

PRESIDEN PERANCIS



PRESIDEN PRANCIS DAPAT SUGUHAN TARI PENDET

         London, 7/9 (ANTARA) - Presiden Prancis François Hollande mendapat suguhan tari Pendet dengan lemparan serpihan bunga sebagai ucapan selamat datang di stand Indonesia dalam pameran Foire de Chalons en Champagne ke-66 di Region Champagne Arden, Prancis, baru baru ini.

        Kunjungan Presiden François Hollande di stand Indonesia sebagai negara kehormatan disambut Duta Besar RI Paris Rezlan Ishar Jenie , ujar Minister Conseiller KBRI Paris Arifi Saiman kepada ANTARA London, Jumat.

         Arifi Saiman menjelaskan kunjungan Presiden Prancis ke stand Indonesia memberikan arti tersendiri pada pameran produk pertanian, peternakan, kerajinan dan furniture yang diikuti 765 peserta.

        Selama pameran Foire de Chalons en Champagne ke-66 berlangsung stand Indonesia menampilkan pergelaran seni tari yang menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung pameran yang berlangsung di Region Champagne Arden, Prancis.

       Dikatakannya para pengunjung memberikan apresiasi yang tinggi atas keindahan dan keluwesan gerak tari dari setiap tarian yang dimainkan para penari.

        Bahkan, pada persembahan tari Tayub, para pengunjung sangat antusias menerima ajakan para penari untuk turun melantai menarikan tarian tradisional asal Jawa Barat ini.

         Selain memamerkan produk-produk unggulan, kegiatan pameran juga diisi dengan atraksi seni budaya, seperti pertunjukan band, atraksi seni beladiri dan pergelaran seni tari tradisional.

        Dalam pameran ini, stand Indonesia memamerkan produk-produk berbasis TTI (Tourism, Trade and Investment).

        Produk yang dipamerkan dalam pameran yang berasal dari berbagai ragam sektor usaha, baik lokal, nasional maupun internasional meliputi produk-produk pertanian, peternakan, kerajinan, garmen, dan furniture.

       Stand Indonesia juga menyuguhkan kudapan khas Indonesia seperti lapis Surabaya dan pertunjukan seni tari tradisional selama tiga hari berturut-turut. Para pengunjung berkesempatan mengikuti kuiz tentang Indonesia dengan hadiah-hadiah berupa barang kerajinan khas Indonesia.

        Bagi pengunjung yang membawa anak kecil, stand Indonesia membagikan kenang-kenangan berupa mainan kupu-kupu buatan industri kreatif nasional.

        Tarian Indonesia yang ditampilkan selama pameran meliputi tari tradisional dari daerah Jawa Timur, Bali, Betawi, Jawa Barat dan Sumatera Barat.

        Tarian tersebut diantaranya tari Pendet, tari Topeng Pajegan, tari Joget Bumbung, tari Joget Bumbung  dan tari Tambulilingan dari Bali.

        Selain itu juga ditampilkan tari Jayengrana, tari Tayub, tari Kulu-Kulu, tari Topeng Samba, tari Topeng Koncaran, tari Kandagan  dari Jawa Barat serta tari Yapong dan tari Enjot-Enjotan dari Betawi, tari Jejer Gandrung dari Jawa Timur dan tari Naiak Padi-Piring dari Sumatra Barat.***3***
(ZG/c/a011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 07-09-2012 11:39:24

Tidak ada komentar: