Rabu, 12 September 2012

WAMEN DI OSLO




WAMEN ESDM: HARGA BBM INDONESIA PALING MURAH

          London, 29/8 (ANTARA) - Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini  mengatakan harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia termasuk paling murah dan menempati urutan ke-137 di dunia , karena itu pemerintah berusaha mengurangi subsidi di masa datang.

         "Wamen menyampaikan hal itu dalam peringatan HUT ke-67 RI dan Halalbihalal yang dihadiri lebih dari 100 warga Indonesia termasuk Dubes RI Oslo Esti Andayani di Kverneviken, Stavanger," ujar  Pensosbud KBRI Oslo Dyah Kusumawardani kepada ANTARA London, Rabu.

         Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini yang berada di Stavanger untuk mengikuti Konferensi Migas ONS 2012 itu menegaskan bahwa pemerintah berrencana melakukan pembenahan dan kebijakan di sektor minyak dan gas (migas) dan energi.

         Selain itu, Rudi juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia di Stavanger yang bersatu dan ingat kepada Tanah Airnya, seperti yang dilakukan pada peringatan berbagai hari besar nasional, termasuk Peringatan HUT RI.

         Sementara itu Dubes Esti Andayani mengatakan masyarakat Indonesia di luar negeri perlu untuk mengingat asal muasalnya agar tidak kehilangan akar, termasuk mengingat bahasa ibu.

         "Budaya asing atau lokal yang baik-baik memang perlu ditiru, namun hendaknya tidak berhenti di negara asing, tapi tetap dilakukan saat kembali atau berada di Indonesia," ujar Dubes Esti.

         Acara itu digunakan warga Indonesia dan keluarganya untuk saling bersilaturahmi serta melepas rasa kangen terhadap Indonesia.  Sebagian masyarakat, yang mengenal baik Wamen ESDM sebagai mantan pengajar mereka di ITB, juga memanfaatkannya untuk melakukan ramah tamah.

         Apalagi, sebagian besar masyarakat Indonesia di Stavanger merupakan pelajar yang mempelajari sektor tersebut dan tenaga asing yang bekerja di sektor migas.

         Acara dimeriahkan dengan suguhan Tari Pendet, Tari Legong Keraton, penampilan lagu daerah dan lagu populer, serta tari Poco-poco yang telah disiapkan oleh panitia dan anggota masyarakat.

         Ketua Panitia, Ricky Agus Supriyadi, menyampaikan bahwa kegiatan diorganisasikan secara mandiri oleh dan untuk warga Stavanger.

         Esther, salah satu warga Indonesia yang  tinggal cukup lama di Stavanger, mengatakan kepanitiaan biasanya dipegang oleh mahasiswa, termasuk mahasiswa baru.

         Untuk segala keperluan acara, seperti makanan dan hadiah lomba, merupakan sumbangan dari masyarakat Indonesia setempat.

         Acara juga diramaikan dengan berbagai kegiatan lomba dan acara ditutup dengan pembagian hadiah lomba bagi para pemenang. ***1*** (ZG)
(T.H-ZG/C/E011/E011) 29-08-2012 15:58:53

Tidak ada komentar: