Kamis, 20 September 2012

PANJAT TEBING



PANJAT DINDING - INDONESIA IKUT KEJUARAAN DUNIA DI PARIS

          London, 19/9 (ANTARA) - Dua atlet Indonesia mengikut kejuaraan dunia panjat dinding International Federation of Sport Climbing (IFSC) 2012 yang digelar di Bercy Omnisports Centre, Paris, Perancis.

         Kejuaraan itu diikuti atlet dari negara anggota IFSC, dibagi atas dua kelompok, yaitu kelompok "normal climbers" dan "paraclimbers", ujar Minister Conselor KBRI Paris Arifi Saiman kepada ANTARA London, Rabu.

        Indonesia mengikuti dua kategori kejuaraan itu, untuk "normal climbers" diikuti Aspar Jailolo, atlet panjat dinding DKI Jakarta asal Palu, Sulawesi Tengah.

         Di kelompok paraclimbers, Indonesia menurunkan atlet tunadaksa asal Surakarta, Sabar Gorky, yang bertanding untuk kategori amputée yang dalam  kejuraan dunia dipertandingkan beberapa kategori yaitu Speed Men, Speed Women, Bouldering Men, Bouldering Women, Lead Men dan Lead Women.

        Di kelompok normal climbers,  Aspar Jaelolo mengikuti di dua kategori kejuaraan, yaitu Speed Men dan Bouldering Men. Sementara di kelompok paraclimber, Sabar Gorky bertanding di Lead Men. Dalam kategori Bouldering Men untuk dinding setinggi lima meter dengan lima jalur, Aspar Jaelolo gagal maju ke babak berikutnya karena kandas di babak kualifikasi.

        Aspar Jailolo hanya berhasil meraih dua bonus, namun di kategori Speed Men yang diikuti 184 peserta, Aspar Jailolo merupakan spesialis kategori speed berhasil melewati babak kualifikasi dengan cukup mudah.

         Pada dua kali practice time yang diberikan kepada masing-masing peserta, Aspar Jailolo berhasil menorehkan waktu tercepatnya 6.10 detik (practice time I) dan 6.25 detik (practice time II).

        Namun, pada saat bertanding Aspar Jailolo gagal meraih catatan waktu terbaiknya, ia membukukan  waktu 7.00 detik dan 7.70 detik dan menduduki posisi ke-19 dari seluruh peserta sehingga gagal melaju ke babak final yang hanya diikuti 16 finalis.

   
Menurut Arifi, kegagalan Aspar Jailolo disebabkan oleh kendala tali yang melilit tangan kirinya ketika berada di posisi tiga poin sebelum posisi bel di puncak dinding.  Juara Speed men dimenangkan oleh juara dunia Speed Men 2011 asal Cina Qixin Zhong.

         Pada kejuaraan paraclimbers kategori amputée yang diikuti 12 belas peserta, Sabar Gorky berhasil masuk ke babak final namun pada partai final yang diikuti empat peserta, Sabar Gorky gagal meraih posisi setelah langkah panjatannya terhenti karena salah membaca jalur.

    ***3***
(T.ZG)
(T.H-ZG/B/A008/A008) 19-09-2012 07:13:22

Tidak ada komentar: