Rabu, 12 September 2012

POSISI 5




ATLET INDONESIA MASUK POSISI KELIMA PARALIMPIK

          London, 3/9 (ANTARA) - Atlet Indonesia, Setiyo Budi Haryanto  berhasil menduduki posisi kelima dalam pertandingan final lompat jauh Paralimpic Games 2012 London, dengan lompatan sejauh 6.44 meter di Studium Olimpic Park, Senin pagi .

   
    Dalam pertandingan atletik lompat jaug medali emas diraih atlet China Liu Fuliang  dengan lompatan 7.15 sedangkan medali Perak direbut atlet Perancis Assoumani Armaud  dengan 7.13  dan perunggu diraih atlet Kazasthan Hasanov Huseyn, demikian koresponden ANTARA London melaporkan, Senin. 

Pelatih Setiyo,   Waluyo mengatakan dalam pertandingan final lompat jauh ini diikuti sebanyak sembilan  negara  salahsatunya Malaysia yang hanya berada diurutan ketujuh dengan lompatan 6.35 meter, atas nama Bahtiar Eryanto.

   
Selain lompat jauh , Setiyo juga turun di nomor lompat jungkit, pada saat final , Sabtu siang  dan  hanya melompat sejauh 13.41 meter sehingga berada diurutan ketujuh. ¿Tapi lompatan Setiyo ini, memperbaiki loncatan sebelumnya  12.64 meter saat di Asian Paragames 2010 Beijing, ¿ ujar Waluyo.

   
Setyo Budi Hartanto yang turun dikelas F 46, atletik, kelahiran Temanggung, 6 Mei 1986 ini selain berprofesi sebagai atlet juga bekerja sebagai pegawai Kementerian Pemuda dan Olahraga pada biro umum dan kepegawaian. Dia bersyukur, pekerjaan tidak menghambat jadwal latihannya.

   
Setyo menekuni dua bidang atletik, lompat jauh dan lompat jangkit. Rekornya pada lompat jauh mencapai 13,75 meter dan 6,55 meter untuk lompat jangkit.

   
Setelah lulus dari SMA Muhammadiyah 1 Temanggung, ia masuk Pusat Rehabilitasi Centrum Dokter Suharso yang banyak mencetak atlet penyandang cacat. "Di sana banyak latihan, aksesbilitas untuk atlet mudah dan gratis," katanya.

   
Awalnya ia tertarik sepak bola, kemudian senior mengajaknya latihan lompat jauh. "Tadinya nonton saja," ujarnya.

    Medali pertama, ia raih pada Pekan Olahraga cacat Nasional tahun 2004 dengan medali perak.  Tahun 2005 ia berhasil mendapatkan medali emas ASEAN Para Games, Manila, Filipina, setelah meraih rekor 6,4 meter pada lompat tinggi.

   
Setyo juga adalah salah satu dari enam atlet Jawa Tengah yang berkompetisi pada FESPIC 2006 dan meraih empat medali perak pada AEAN Para Games 2011 lalu.

   
Indonesia hanya meloloskan empat atlet bertanding ke Paralimpic Games London dengan mengikuti empat cabang olahraga yakni  Renang, Tenis meja, Angkat Berat dan Atletik. Saat ini Indonesia berada diurutan ke 34 perolehan medali dari 160 negara. (ZG)

(T.H-ZG/B/M009/M009) 03-09-2012 21:19:42

               

Tidak ada komentar: