Selasa, 20 November 2012

BUKU 60 TAHUN



BUKU 60 TAHUN HUBUNGAN INDONESIA-JERMAN DILUNCURKAN

              London, 19/11 (ANTARA) -   Buku "60 Years of Indonesia-Germany Bilateral Relations from Friendship to Partnership" yang disusun  Perwakilan RI di Jerman dan merangkum perjalanan sejarah kerjasama Indonesia-Jerman selama 60 tahun diluncurkan di Dusseldorf, Jerman.

             Peluncuran buku diadakan dalam rangkaian acara promosi terpadu dan konferensi ekonomi dan temu bisnis yang diadakan  KBRI Berlin, KJRI Frankfurt dan KJRI Hamburg dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jerman, kata Sekretaris II-Pensosbud, Purno Widodo kepada ANTARA London, Senin.

             Peluncuran buku dilakukan  Dubes RI Dr. Eddy Pratomo yang menyerahkan buku secara simbolis kepada Kepala BKPM Dr. Muhamad Chatib Basri, Presiden KADIN Düsseldorf Prof. Dr. Ulrich Lehner dan Wakil Dubes Jerman untuk Indonesia Heidrun Tempel.

              Sebelum itu pengusaha Jerman Siegbert W. Raabe, CEO Asia Consulting, memperkenalkan bukunya berjudul  "Indonesien  Handbuch fuer Geschaeftsreisen" yang merupakan buku panduan bagi pengusaha Jerman yang ingin berbisnis di Indonesia. 
         Dalam  konferensi ekonomi digelar  forum promosi terpadu para pengusaha Jerman untuk bertemu dan berkonsultasi dalam klinik investasi dan bisnis dengan BKPM, Bappenas, Bank Indonesia, KADIN Indonesia, dan perwakilan provinsi Indonesia yang hadir.  Kepala BKPM mengadakan sesi khusus berupa one-on-one meeting dengan sejumlah CEO perusahaan-perusahaan besar Jerman.                 
           Purno Widodo mengatakan pada kesempatan yang sama diadakan konferensi pers dan pertemuan antara  Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dr. Sapta Nirwandar dengan tidak kurang dari 25 peserta terdiri dari unsur media dan industri pariwisata Jerman yang secara khusus membahas mengenai potensi pariwisata Indonesia.

                Dalam pertemuan itu dibahas berbagai masukan bagi peningkatan perkembangan pariwisata di Indonesia, termasuk perbaikan infra struktur, pelayanan dan keamanan penerbangan serta pemberian visa bagi wisatawan manca negara.

               Wamen Parekraf Dr. Sapta Nirwandar menyampaikan partisipasi Indonesia sebagai negara mitra pada pameran pariwisata terbesar di dunia yaitu Internationale Tourismus Börse (ITB) yang akan diselenggarakan di Berlin awal Maret tahun depan.

    ***3*** (ZG)

(T.H-ZG/B/M019/M019) 19-11-2012 06:34:10

Tidak ada komentar: