Selasa, 20 November 2012

"CHILDREND IN NEED


               
"CHILDREND IN NEED", CARA INGGRIS MENGALANG DANA UNTUK ANAK-ANAK

         London, 18/11 (ANTARA) - Berbagai cara dilakukan masyarakat Inggris  mengalang dana bagi anak-anak yang membutuhkan seperti dalam  program "Children in Need" yang ditayangkan stasiun televisi BBC London, sejak Jumat malam hingga Sabtu  yang berhasil mengumpulkan dana lebih dari 26 juta pounsterling .

        Mulai dari mengumpulkan uang recehan oleh anak-anak sekolah yang ditayangkan di televisi yang melibatkan selebriti  hingga acara lelang motor yang digunakan dalam film terakhir James Bond 'Skyfall', yang mendonasikan motor Honda CRF250R dalam acara amal pada 22 November  mendatang oleh BBC.

        Pendiri Chariot for Children (CfC)   yang bergerak di bidang sosial khususnya untuk anak anak di Inggris, Nizma Agustjik kepada ANTARA London, Senin  mengatakan acara pengumpulan dana yang dilakukan dalam program "Children In Need" yang melibatkan selebriti di Inggris merupakan cara yang sangat cerdik dan berhasil. 
   Dikatakannya,  Children in Need, badan sosial (charity) yang berfungsi sebagai 'grant funds' atau  pemberi dana kepada yayasan kecil atau charity charity yang ada di UK, untuk membantu khususnya anak-anak yang malang, baik cacat mental atau fisik dan membutuhkan perawatan.

        Penyiar radio, Terry Wogan sebagai orang media pertama yang mencanangkan Children in Need ditahun 80 an lewat stasiun  televisi BBC yang juga secara paralel dilakukan diseluruh kota-kota besar di UK dengan melibatkan presenter hebat yang mampu meraup dana ratusan juta.

        "Charity ini bisa besar karena mereka melibatkan semua selebriti media, penyanyi, dan lainnya," ujar Nizma Agustjik yang sejak 12 tahun lalu terlibat dalam kegiatan social membantu anak anak korban konflik dan yatim piatu di Ambon dan Aceh.

         Diakuinya media sebagai alat kominukasi yang sangat efektif baik berupa video, wawancara yang dilakukan media seleb yang selalu berinteraksi dengan publik tentu saja mudah mempromosikan charity ini.

         Fundraising atau menggalang lewat TV diperlukan tim yang besar dan kuat  terutama tim yang menerima donasi lewat telefon yang harus  bekerja keras untuk menampung donasi yang nonstop semalaman.

         Dengan diumumkan berapa besar dana yang telah diraup para pemirsa lainnya  pun ketularan juga ingin menyumbang. Hanya dengan menyiapkan kartu kredit  atau debit card  ditangan, saat si operator menjawab telefon di layar televisi, maka pemirsa pun bisa langsung menyumbangkan dananya .

         Hanya saja, menurut ibu dua anak yang beragkat dewasa ada sedikit kecendrungan rasa bangga dan ingin pamer oleh penelfon yang ingin menyumbangkan uangnya.

         Menurut  Nizma Agustjik, sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan di Indonesia dalam rangka membantu anak anak yang membutuhkan dengan cara melibatkan media masa seperti televisi dan juga selebriti Indonesia seperti penyanyi maupun artis atau politisi untuk ikut dalam program pengalangan dana.

           Apa lagi di Indonesia  banyak orang-orang  yang berada dan berduit, hanya saja tranparasi dan berapa persen jumlah yang akan diterima oleh yang berhak menerima akan sulit di kontrol, belum lagi potongan biaya admin, sementara kondisi anak-anak di negeri kita masih banyak yang sangat memprihatinkan.

          Banyak anak-anak yang miskin, belum lagi jumlah anak-anak yang menderita seperti authis, atau fisik karena rendahnya gizi atau cacat mental, namun yang lebih memprihatinkan adalah mereka yang membutuh pendidikan. Mulai  dari pembayaran SPP,  membayar gaji atau honor guru, keperluan alat sekolah, seragam hingga makanan yang layak.

           Kebiasaan menggalang dana untuk proyek-proyek kemanusiaan sudah mengakar dalam di Inggris, tidak saja program Children In Need yang ditayangkan setiap akhir tahun.

           Selain itu juga sebuah badan amal bernama Comic Relief juga melakukan menggalang dana untuk proyek-proyek pengentasan kemiskinan di Afrika dan di Inggris sejak tahun 1985 dengan cara yang sama melalui telefon.

          Sama halnya dalam program Chilndren In Need, pertunjukan Comic Relief, atau Sport Relief juga menampilkan artis panggung ternama yang pertama kali dicetuskan oleh penulis skenario dan sutradara terkenal Richard Curtis, yang dikenal lewat filem-filem seperti Notting Hill dan Four Weddings and a Funeral.

           Setiap tahun televisi BBC menyisihkan satu hari untuk menayangkan berbagai acara khusus yang diadakan Comic Relief, entah itu episode khusus dari sebuah acara televisi yang populer, atau penampilan ekslusif musisi-musisi kelas dunia.

          Setelah pemirsa televisi terhibur dengan berbagai tontonan, mereka diminta untuk membuka dompet bagi Comic Relief. Acara hiburan ini diselingi tayangan dari proyek-proyek yang berhasil dijalankan berkat sumbangan pemirsa.

         Kemurahan hati masyarakat Inggris memang tidak dapat dipungkiri dan rasa  solidaritas semacam ini menunjukkan bahwa tali persaudaraan manusia di antara masyarakat Inggris yang sering disebut dengan sangat individual ternyata masih kuat.

       Program Children in Need  tahun 2012 merupakan tahun ke-32 dengan mengelar acara puncak dalam siaran langsung di BBC One pada malam Jumat 16 November hingga dini Sabtu 17 November dengan pembawa acara Terry Wogan, Tess Daly, Fearne Cotton dan Nick Grimshaw sebagai co-host berhasil mengalang dana mencapai 26.757.446 Poundsterling.

          Belum lagi akan dilelang sebanyak 20 boneka beruang yang menjadi mascot Children in Need yang disebut dengan ¿Pudsey Bear¿ dengan sebelah mata di perban kreasi dari para disainer terkemuka Inggris akan dilelang di balai lelang terkemuka di London Christie's.

           Manajer Komunikasi Honda Inggris Fiona Cole, mengatakan pihaknya  sangat senang bisa mendukung program BBC Children in Need. "Kami harap motor 007 bisa membawa donasi dalam jumlah yang signifikan. Honda selalu mencari cara inovatif untuk penggalangan dana amal. Dan kami senang, kolaborasi kami dengan Skyfall memungkinkan kami untuk melakukan amal ini," tambahnya.

    (ZG/b)

(T.H-ZG/B/F001/F001) 18-11-2012 09:49:42

 

Tidak ada komentar: