Selasa, 06 November 2012

WTM LONDON




INDONESIA JARING WISATAWAN INGGRIS DI WTM LONDON

                 London, 6/11 (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya menjaring wisatawan Inggris dalam pameran pariwisata terbesar kedua di dunia "World Tourism Market (WTM) 2012" yang berlangsung di gedung Excel London, Inggris, 5-8 November 2012.

               Hal itu disampaikan Direktur Pencitraan Indonesia  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Esthy Reko Astuti dalam jumpa pers yang diadakan di gedung Excel, Londonm Senin .

               Dalam konferensi Pers yang juga dihadiri Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb, Esthy Reko Astuti menjelaskan Inggris merupakan pasar yang sangat penting bagi Indonesia.

               "Inggris merupakan salah satu negara pasar utama pariwisata Indonesia," ujar Esthy Reko Astuti.

                Sementara itu Dubes Hamzah Thayeb mengakui dengan kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di London, baru-baru ini atas undangan Ratu Elizabeth merupakan promosi yang baik bagi pariwisata Indonesia di Inggris . Selain itu KBRI London selalu mengadakan kegiatan promosi pariwisata yang dikaitan dengan TTI yaitu trade, tourism and investment . 
         Dubes Hamzah Thayeb mengatakan promosi yang dilakukan selama ini juga diarahkan kepada memperkenalkan obyek wisata Beyond Bali, yang juga sama menariknya dengan Bali.

              Lebih lanjut Esthy Reko Astuti mengatakan Jumlah wisatawan Inggris yang berkunjung ke Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Hingga September 2012, wisatawan Inggris yang datang berlibur di Indonesia mencapai 152.379 dibandingkan September 2011 hanya 145.655 wisatawan yang berarti naik 12.96 persen.

                 Meningkatnya kunjungan wisatawan Inggris ke Indonesia diharapkan juga akan berdampak kepada wisatawan di Eropa ke Indonesia.  Sementara Indonesia mentargetkan sebanyak 200.000  wisatawan dari Inggris .

               Dalam konferensi pers, Eshty menjelaskan bahwa Indonesia pada tahun 2012 memfokuskan promosinya pada 16 fokus pasar  yaitu Singapore, Malaysia, Australia, China, Japan, Korea Republic, USA, UK, Taiwan, India, France, The Netherlands, Germany, The Philipines, Russia dan Middle East. 
          Untuk destinasi, difokuskan pada 16 destinasi Beyond Bali, yakni seperti Danau Toba, Pulau Seribu, Sunda Kepala dan Kota Tua, Borobudur, Kintamani-Danau Batur, Menjangan, Rinjani, Ende , Kalimutu, Tanjung Putting, Bunaken , Raja Ampat, Bromo, Tenger dan Semeru, Komodo, Wakatomi,Toraja, Kuta Sanur dan Nusa Dua.

              Sementara tujuh minat khusus yang ingin ditampilkan yaitu wisatawan dengan minat khusus seperti budaya dan peninggalan  sejarah , alam dan eko turisme, rekreasia, sport, kruise , kulinari dan olahraga serta mice.

               Stand Indonesia seluas 240m2 dengan dekorasi yang memadukan antara modern dan tradisional juga menampilkan Putri Pariwisata Reinita Arlin Puspita, serta Putra Batik Nusantara Muhammad Ihsan Pribadi dan Putri Batik Nusantara Indah Anggraini membatu mempromosikan Indonesia kepada para pengunjung.

               Selain itu dalam acara coctail reception ditampilkan tari tradisional dan juga door prize berupa tiket dengan penerbangan Garuda ke Indonesia dari Belanda ke Jakarta pp.

                Sementara itu Herman Rukmanadi dari Bhara Tours yang mewakili industry pariwisata mengatakan bahwa industry pariwisata siap melakukan promosi untuk membantu Kementerian meningkatkan jumlah wisatawan dan mencapai apa yang ditargetkan sebanyak 200.000 wisatawan dari Inggris.

    ***2***
(ZG)
`

(T.H-ZG/B/M019/M019) 06-11-2012 06:12:56

Tidak ada komentar: