Selasa, 20 November 2012

RI BELANDA



BELANDA JADI JEMBATAN INDONESIA-UNI EROPA

               London, 17/11 (ANTARA) -  Menteri Luar Negeri Belanda Frans Timmermans menyatakan,  negaranya dapat menjadi jembatan (bridge) bagi Indonesia dan Uni Eropa, ditengah intensifnya hubungan Indonesia dengan Uni Eropa.

             Menlu Timmermans  mengatakan Pemerintah baru Belanda (Rutte II)  berkeinginan  untuk lebih memperkuat dan mengintensifkan hubungan bilateral dengan Indonesia, demikian  disampaikan  Duta Besar RI Den Haag, Retno L.P. Marsudi, kepada ANTARA London, Sabtu.

                Duta Besar RI Den Haag, Retno L.P. Marsudi, mengadakan kunjungan kehormatan  kepada Menteri Luar Negeri Frans Timmermans dari Partai Buruh-PvdA, di Kementerian Luar Negeri Belanda, Senin(15/11).

                Menurut  Dubes Retno,  Belanda mengagumi dan memantau secara dekat perkembangan positif yang terus terjadi di Indonesia dan melihat kesempatan yang sangat besar untuk memperkuat hubungan dengan Indonesia.

               Menlu Belanda dan Dubes RI sepakat perlunya kedua negara bekerja bersama untuk memberikan makna baru (new meaning) terhadap hubungan "khusus" Indonesia-Belanda melalui penguatan hubungan antara rakyat kedua negara (people to people contact) dan penguatan hubungan ekonomi.

               Kerjasama pendidikan merupakan salah satu kerjasama yang terus akan dilakukan dalam konteks "people to people contact."
          Sementara itu, kerjasama ekonomi antara lain akan difokuskan pada perdagangan, investasi, pariwisata, infrastruktur dan pengelolaan air.

              Belanda sejauh ini merupakan salah satu mitra tradisional Indonesia dalam berbagai macam kerjasama ekonomi.  Kemitraan ekonomi yang cukup panjang antara lain diwujudkan melalui pelaksanaan "Economic Mixed Commission" yang diadakan setiap dua tahun sekali.

               Menlu Timmermans adalah mantan diplomat yang pernah penempatan di Moskow dengan pengalaman yang sangat kaya. Menlu Timmermans  antara lain pernah menjabat anggota Dewan Negara (States General) dan sebagai Menteri untuk Urusan Eropa (2007-2010).

    ***1***(ZG)

(T.H-ZG/B/M019/M019) 17-11-2012 05:28:03

Tidak ada komentar: