Minggu, 04 November 2012

MENTERI ESDM




MENTERI ESDM YAKINKAN BP INVEST DI INDONESIA

              London, 1/11 (ANTARA) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik berhasil meyakinkan perusahaan minyak Inggris Britih Petroleum (BP) untuk  berinvestasi di Indonesia.

         Hal itu dilakukan Menteri Jero Wacik yang ikut mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungan kenegaraan di London, Inggris,  dari tanggal 30 Oktober  hingga 3 Nopember mendatang.

         Kepala Biro Hukum dan Humas, Susyanto kepada ANTARA London mengatakan salah satu bidang yang dibahas dalam kunjungan kenegaraan ini adalah sektor energi.

         Mendahului kunjungan kenegaraan tersebut, dilaksanakan the 1st RI - UK Energy Dialogue pada 29 - 30 Oktober yang merupakan forum tukar menukar informasi di bidang minyak dan gas bumi, kelistrikan, mineral dan batubara, teknologi ramah lingkungan serta perencanaan energi.

         Dalam pertemuan tersebut dihasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya adalah kesepakatan kerja sama dalam bidang energy modeling, carbon capture and storage project (CCS) dan laboratorium energi masa depan.

    Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dibahas konsep Joint of Arrangement (JoA) on Energy antara Indonesia dan Inggris, yang ditandatangani hari Kamis.

           JoA on Energy fokus kepada isu-isu energi yang spesifik dan identifikasi peningkatkan kerjasama antar kedua negara, dan disepakati untuk melaksanakan pertemuan rutin minimal dua tahun sekali.

          Selain itu Menteri Jero Wacik juga berhasil meyakinkan Britih Petroleum (BP) untuk  berinvestasi sebesar 12 miliar dollar AS untuk membangun Kilang Train-3 lapangan Tangguh selain itu Premier Oil jugaa  akan melakukan investasi sebesar 700 juta dollar AS. (ZG)

(T.H-ZG/B/A020/A020) 02-11-2012 03:57:53

Tidak ada komentar: