Senin, 12 November 2012

KONTES FOTO




                INDONESIA GELAR KONTES FOTO BAWAH LAUT TERBESAR

                London, 9/11 (ANTARA) -  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menggelar kontes foto bawah laut terbesar se-dunia atau "Indonesia World Underwater Photo Contest  (IWUPC) 2013".

                Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengumumkkan kontes foto bawah laut mengambil tempat di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar di lebih dari 700 titik penyelaman di 34 wilayah tersebar dari Aceh sampai Papua, kata  Konsultan  Bahari Kemenparekraf, Cipto Aji Gunawan kepada ANTARA London, Jumat.

                 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengumumkkan kontes foto bawah laut ¿Indonesia World Underwater Photo Contest¿  IWUPC 2013 dalam acara konferensi pers yang digelar dalam rangkaian Pameran Pariwisata terbesar kedua di dunia setelah ITB Berlin di gedung Excel London yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 8 November mendatang.

                Dikatakannya kontes foto bawah laut ¿Indonesia World Underwater Photo Contest¿  IWUPC 2013 berlangsung selama sebelas bulan terhitung sejak 1 Januari hingga 30 November 2013.

                Kontes foto bawah laut ini akan secara aktif melibatkan dive operator sebagai garda depan dari industri penyelaman sebagai Participating Dive Operator (PDO), dimana peserta (entrant) yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini harus menyelam melalui atau bersama dengan PDO yang terdaftar
          IWUPC 2013 akan secara aktif melibatkan partisipasi dari seluruh stakeholder yang meliputi pemerintah pusat, pemerintah lokal, industri selam (dive operator), institusi, dan juga masyarakat lokal.

             Kontes foto bawah laut ini memiliki sasaran peserta yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu, promosi dan publikasi bagi kegiatan ini dilakukan secara nasional maupun internasional dengan mengikuti pameran-pameran selam yang ada diseluruh dunia.

             Dengan digelarnya IWUPC 2013 diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan selam lokal dan internasional. 
      IWUPC 2013 merupakan foto kontes yang bebas dari biaya pendaftaran dan menawarkan hadiah besar bagi para pemenang.   
     Total hadiah yang disiapkan dalam IWUPC 2013 mencapai sebesar 200.000 dolar AS. IWUPC 2013 juga akan mengundang tujuh  fotografer bawah air professional dari berbagai negara sebagai juri.   
          Juri terdiri Dr. Alex Mustard (Inggris), Stephen Wong (Hongkong), Matt Weiss (USA), Keri Wilk (Kanada), Yoshi Hirata (Jepang), Brian Skerry (USA), dan David Espinosa (USA).   
         Selain menarik minat wisatawan selam Indonesia, acara ini juga diharapkan dapat memberikan data bagi distribusi wisata penyelaman, demografi, trend, dan kepuasan penyelaman. Data ini kemudian diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan wisata bahari di Indonesia.

    ***2***(ZG)
(T.H-ZG/B/M019/M019) 09-11-2012 05:59:35

Tidak ada komentar: