Rabu, 21 Januari 2009

INDONESIA DAN SLOVAKIA

INDONESIA DAN SLOVAKIA TINGKATKAN KERJASAMA BIDANG PERTANIAN

London, 21/1 (ANTARA) - Indonesia dan Slovakia sepakat melakukan kerjasama di bidang pertanian dengan ditandatanganinya Nota Kesepakatan (MOU) antara Kementerian Pertanian kedua negara, khususnya kerjasama di bidang teknik pertanian.

Penandatangan Mou itu telah dilakukan Menteri Pertanian RI Dr Anton Apriyantono dan rekannya Menteri Pertanian Slovakia Stanislav Becik di Dvory nad Zitavou, sekitar 150 km dari Bratislava, demikian Pelaksana Fungsi Politik, Protokol dan Media KBRI Bratislava, Made P. Sentanajaya kepada ANTARA London, Rabu.

Acara yang digelar di daerah pertanian karena Menteri Pertanian Slovakia ingin menunjukkan kepada rekannya Anton Apriyantono, produk-produk pertanian yang dimiliki sekaligus menawarkan langkah kerjasama di bidang pertanian.

Dalam kesempatan itu Menteri Anton Apriyantono juga disuguhi panganan dari produk peternakan dan pertanian khas Slovakia.

Kuasa Usaha Ad interim KBRI Bratislava, Firdauzie Dwiandika mengatakan kunjungan kerja delegasi Indonesia ke Slovakia merupakan bukti semakin meningkatnya hubungan dan kerjasama bilateral kedua negara di bidang ekonomi, khususnya sektor pertanian.

Kedua negara sepakat untuk mendorong pembangunan di bidang pertanian melalui kerjasama teknik yang sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di kedua negara.

Dalam rangka kerjasama tersebut, akan dikembangkan pertukaran informasi mengenai ilmu pengetahuan/teknik, pertukaran ilmuwan dan ahli, transfer teknologi, termasuk penyelenggaraan pelatihan dan seminar.

Selain itu kerjasama di bidang pengolahan dan pemasaran komoditas pertanian antara sektor swasta kedua negara, serta bentuk kerjasama lainnya yang disepakati kedua belah pihak.

Dalam pertemuan bilateral yang diadakan sebelum penandatanganan MoU, kedua pihak melakukan dialog dan pertukaran pikiran mengenai kegiatan yang akan dilakukan di masa datang.

Menteri Pertanian kedua negara sepakat yang terpenting dari penandatanganan MoU ini adalah implementasi dalam berbagai kegiatan yang disepakati kedua pihak untuk dapat dilakukan di masa datang.

Dalam kunjungan kerja di Slovakia, Menteri Pertanian RI dan anggota delegasi juga melakukan pertemuan bisnis dengan Ketua Kamar Dagang Slovak-Indonesia dan pengusaha Slovakia yang bergerak di bidang pertanian guna menjajagi berbagai peluang kerjasama sektor swasta di bidang pertanian dan hasil perkebunan.

Dalam pertemuan itu dibahas, antara lain penyelenggaraan seminar mengenai Pertanian Indonesia di Slovakia, pemasaran produk palm-oil Indonesia dan kerjasama antara perusahaan pertanian Slovakia OSIVO dengan Departemen Pertanian RI khususnya dalam hal percobaan pembibitan gandum di Indonesia.***2****


(T.H-ZG/B/A026/B/A026) 21-01-2009 08:05:36

Tidak ada komentar: