Rabu, 21 Januari 2009

PELANTIKAN OBAMA

WARGA AS DI INGGERIS NONTON BARENG PELANTIKAN OBAMA

London, 21/1 (ANTARA) - Warga Amerika Serikat yang berada di Kerajaan Inggeris menyaksikan pelantikan Presiden AS Barack Obama di berbagai kedai minum dan restauran khas Amerika di negara itu.

Barack Obama, Selasa dilantik sebagai Presiden Amerika pertama keturunan Afrika, itu disaksikan melalui tayangan layar lebar di berbagai restauran di antaranya di Chcago Rib Shack di daerah elit di London Knightsbridge, dengan membayar tiket seharga 0 pound.

Sementara rumah minum asal Amerika "Hard Rock Cafe" menghias rungannya dengan warna merah, putih dan biru mulai tayangan langsung sejak pukul 16.30 waktu setempat, Selasa.

Kedai minum Yates's Wine Bar, yang berada di daerah Leicester Square London, menjual tiket masuk 10 pound untuk menyaksikan berhelatan gegap gempita tersebut.

Tidak ketinggalan Gedung Walikota London Citu Hall, tempat bermarkasnya Mayor Boris Johnson dipasang bendera Amerika yang berwarna merah dan putih serta taburan bintang itu.

Londoner (warga London) bersama sekitar 200.000 warga Amerika yang tinggal di Inggeris menggelar pesta "black-tie ball," yang bertema "Yes we can," di berbagai kota.

Wali Kota London, Boris Johnson, mengibarkan bendera AS di kantornya menandai hari yang bersejarah bagi warga Amerika.

"Sebagai orang Inggeris yang dilahirkan di New York, dan sebagai politikus dan juga demokrat serta sangat kerajingan dengan sejarah, saya terinspirasi oleh prospek dari Barack Obama yang akan menempati Oval Offive," ujar Boris yang senang dengan gaya rambut acak acakan.

"Kami di UK selalu berbagi dalam kerjasama yang unik dengan AS," ujar Boris Johnson.

Ibu tiri Obama yang tinggal di Inggeris, Kezia, mengatakan pelantikan Obama sebagai Presiden AS merupakan hadiah dari Tuhan.
Sementara itu, PM Inggris Gordon Brown memuji pelantikan Obama sebagai "babak baru dalam sejarah Amerika dan sejarah dunia".

Obama adalah "seorang dengan visi besar", kata Brown. "Ia tidak hanya presiden AS keturunan Afrika pertama, tapi ia juga berangkat dengan keputusan untuk memecahkan masalah dunia."
Media massa Inggeris menayangkan acara pelantikan Barack Obama dalam headlinenya serta dengan barisan pendukung yang akan mengisi kabinet baru Amerika.

(U-ZG/B/M043)

(T.H-ZG/B/M043/B/M043) 21-01-2009 10:00:51

Tidak ada komentar: