Kamis, 15 Januari 2009

"INDONESIAN DAY" DI HONGARIA

"INDONESIAN DAY" DI HONGARIA BERLANGSUNG SEMARAK

London, 14/1 (ANTARA) - Indonesia menjadi pusat perhatian masyarakat kota Komlo dan sekitarnya termasuk pemerintah dan tokoh masyarakat serta para pencita seni dengan penyelenggaraan "Indonesian Day" di kota industri Hongaria dekat perbatasan Kroasia.

Sekretaris I, Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Budapest, Arena Sri Victoria kepada koresponden Antara di London, Rabu, mengatakan acara "Indonesia Day" diisi dengan pameran lukisan, pameran kain ulos, presentasi Dubes dan pertunjukkan kesenian.

Pameran lukisan karya anak-anak Indonesia koleksi dari Zanka Children and Youth Center yang pernah meraih medali emas dan perak serta sertifikat, di gelar di Gedung Galeri Komlo.
Pusat kebudayaan Zanka Children and Youth Center mengumpulkan lebih dari enam ribu lukisan anak-anak sedunia yang ikut kompetisi lukisan anak-anak internasional termasuk koleksi lukisan anak-anak Indonesia.

Dalam acara pembukaan "Indonesian Day," Walikota Komlo Pava Zoltan dalam sambutannya mengatakan Indonesia memiliki banyak keunggulan-keunggulan serta potensi.
Perhatian Walikota itu kepada Indonesia terlihat dengan disampaikannya undangan untuk paduan suara anak-anak Indonesia guna berpartisipasi di Komlo tahun 2010.
Dubes RI untuk Republik Hongaria merangkap Kroasia, Bosnia-Herzegovina dan Makedonia, Mangasi Sihombing menyatakan Indonesia dan Hongaria memiliki kesamaan sebagai bangsa yang kreatif dan inovatif.

Hal ini, terlihat dari karya anak Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari masyarakat internasional. "Lukisan yang dipamerkan mendapatkan apresiasi dari tim juri internasional setiap tahunnya," ujarnya.

Pembukaan pameran dimeriahkan dengan pertunjukan musik gondang dari Sumatera Utara yang dibawakan tim kesenian KBRI Budapest dan musisi Hongaria yang mendapatkan perhatian undangan termasuk tokoh masyarakat dan pejabat budaya setempat.

Kelompok musik Batak tersebut terdiri dari Nemeth Gabor mantan penerima beasiswa Darmasiswa, Agus Rochman, Riva Chairil Arsyad, Jarot Raharjo dan Yudhi Gunawan.
"Indonesian Day" di Komlo ditandai dengan presentasi Dubes Mangasi Sihombing mengenai kepariwisataan Indonesia yang membaik terlihat dari meningkatnya permintaan visa melalui KBRI Budapest serta wisatawan mancanegara ke Indonesia melampaui yang target.

Presentasi yang berlangsung di Gedung Teater Komlo dihadiri Walikota dan jajaran pemda setempat, secara khusus Dubes mengemukakan program dan potensi wisata Indonesia yang terbuka bagi modal asing.
Dalam Sidang Komisi Bersama Indonesia-Hongaria Desember lalu Indonesia secara khusus meminta partisipasi Hongaria dalam industri pariwisata khususnya sekitar Danau Toba (Sumut) dan Danau Maninjau (Sumbar).
Acara dilanjutkan dengan promosi wisata Indonesia khususnya menampilkan film pariwisata tentang daerah Karo dengan segala potensi dan keunikannya selama 30 menit.

Selanjutnya acara ditutup dengan penampilan tari-tarian nusantara seperti Yapong dari Betawi, Tari Rantak dan Tari Mak Inang dari Sumatera dan Tari Gambyong dari Jateng yang dibawakan Sanggar Seni KBRI Budapest dan penari Hongaria mantan peraih beasiswa Darmasiswa Indonesia. ***3***
(U-ZG/B/b003/B003).

(T.H-ZG/B/B003/B003) 14-01-2009 06:04:57

Tidak ada komentar: