Senin, 12 Januari 2009

INDONESIA PUKAU REISELIV

MISI KESENIAN INDONESIA PUKAU PENGUNJUNG PAMERAN REISELIV

Oslo, 10/1 (ANTARA) - Misi kesenian Indonesia yang menjadi satu satunya penampilan kesenian di pameran pariwisata Reiseliv Oslo yang dibuka Ratu Sonya memukau pengunjung pameran yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 11 Januari.

Tim kesenian Indonesia yang terdiri atas para penari Ratri Andini, Dessy Hardya Puspitasari, Reza Arifianto dan Wilbrodus Wolo Mayng membawakan tari Piring dari Sumatera Barat dan Legong dari Bali dan Rengong Manis dari Jakarta.

Pada penampilan Sabtu, tim kesenian yang didukung Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dan pertunjukan musik Gamelan yang dimainkan Staf dan Dharma Wanita KBRI Oslo, Norwegia. serta Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Oslo Mansyur Pangeran mendapat sambutan dari para pengunjung pameran pariwisata terbesar di Nordik.

Para penari dari Yayasan Seni Tirthasari mencoba menampilkan tarian tradisional Indonesia yang sangat diminati oleh masyarakat Norwegia khususnya Bali yang sangat dikenal.

Tim kesenian yang dipimpin Ratri Andini sudah sering tampil di luar negeri seperti di Kanada, Taiwan, Praha, Brazil dan bahkan hampir diseluruh negeri di benua Eropa dan Asia bahkan di Amerika.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi kami dapat tampil di luar negeri membawa nama Negara Indonesia," ujar Ratri Andini yang mewakili rekan rekannya.

Menurut Ratri, dirinya merasa terharu dengan sambutan dan antusiasnya para penonton yang diantara para pengunjung pernah dan mengenal Indonesia khususnya Bali .

Masyarakat Eropa merasa antusias menyaksikan penampilan para penari dan bahkan ikut menari bersama para penari.

"Kami merasa bangga bisa tampil di depan Ratu Sonya," ujar Reza Arifianto yang mewakili rekan rekannya.

Reza yang sudah melanglang buana membawa nama Indonesia merasa sangat bangga bisa tampil untuk menghibur masyarakat Negara dan sekaligus mempromosikan kebudayaan Indonesia.

"Sungguh kenangan yang tidak bisa dilupakan seumur hidup saya,", ujar Reza yang lulusan dari Universitas Negeri Jakarta jurusan seni tari.

Menurut Amelia Achmad dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, misi kesenian kali ini merupakan yang pertama kali tampil di depan Ratu Sonya.

Merupakan suatu kebanggan bagi kami bisa mempersembahkan dan membawa misi kebudayaan di Negara Skandinavia, ujar Amelia Achmad, Kasi Promosi Luar Negeri Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Dalam pameran pariwisata itu anjungan Indonesia juga menyajikan minuman Kopi Singa yang sangat diminati serta Kacang Garuda dan permen jaeh serta rempeyek.

Minister Councellor Ekonomi KBRI Oslo Wening Esthyprobo mengatakan bahwa produk makanan dan kopi Indonesia sangat disukai pengunjung karena rasanya yang berbeda dengan yang ada di Norwegia.***5*** (U-ZG)


(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 10-01-2009 23:12:25

Tidak ada komentar: