Senin, 19 Januari 2009

"NORDIC TRAVEL FAIR MATKA"

INDONESIA AMBIL BAGIAN DALAM "NORDIC TRAVEL FAIR MATKA"

London, 20/1 (ANTARA) - Indonesia berpartisipasi dalam MATKA Nordic Travel Fair 2009 yang bertema "Our World, Our Responsibility", pameran pariwisata terbesar di Nordik itu yang digelar di Helsinki Fair Center.

Dalam pameran tersebut KBRI Helsinki menampilkan promosi wisata dengan tema eco-tourism, ujar Sekretaris satu KBRI Helsinki, Ardian Wicaksono kepada koresponden Antara London, Senin.

Dikatakannya Duta Besar RI untuk Republik Finlandia merangkap Republik Estonia, Harry Purwanto, meresmikan stand "Indonesia" dalam MATKA 2009, yang dihadiri Kepala Perwakilan negara ASEAN dan wakil dari industri pariwisata Finlandia mitra KBRI.

Acara pembukaan diawali dengan pemotongan pita dan pemukulan gong, serta dilanjutkan dengan sajian makanan kecil, jajan pasar, dan kopi jahe khas Indonesia kepada para undangan dan pengunjung profesional.

KBRI setiap tahun berpartisipasi pada pameran MATKA yang pada tahun ini diikuti lebih dari 1100 peserta, 76 di antaranya perwakilan dari negara-negara asing, dan dihadiri sekitar 90.000 pengunjung.

Kendati menghadap kesulitan keuangan global, jumlah peserta pameran menurut panitia penyelenggara terus bertambah, ujar Ardian Wicaksono.

Selama dua tahun terakhir stand Indonesia termasuk dalam kelompok PATA Finland Chapter dengan mengambil tema ecotourism sebagai tujuan wisata alam.

Kehadiran KBRI pada MATKA 2009 berupaya memperkenalkan wisata ecotourism yang ada di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan pulau-pulau lain di Indonesia kepada pengunjung.

Menurut Ardian Wicaksono, stand Indonesia mendapatkan banyak perhatian dari kalangan media masa Finlandia seperti TV dan suratkabar, travel journalist dan calon wisatawan yang sudah maupun belum pernah berkunjung ke Indonesia.

Wisata Pulau Bali masih menarik perhatian wisatawan Finlandia adalah pulau Bali tercermin dari banyaknya permintaan brosur dan pertanyaan seputar pulau Dewata.

Dalam rangka mempromosikan seni dan budaya Indonesia, KBRI Helsinki juga menampilkan pertunjukan seni di panggung hiburan Active Holiday Stage, MATKA 2009.

Pertunjukkan berhasil menarik banyak pengunjung menampilkan Balinese welcoming dance "Panyembrahma", serta pemutaran film multimedia Art and Craft of Indonesia, peragaan busana yang diperagakan keluarga besar KBRI dan masyarakat Indonesia.

Pertunjukan yang berlangsung selama satu jam itu juga diselingi jajan pasar khas Indonesia dan kuis mengenai wisata yang diikuti secara antusias oleh para pengunjung MATKA 2009.

Sebelum pertunjukan diadakan parade Ondel-Ondel dan atraksi pencak silat dengan mengelilingi arena pameran mendapat perhatian pengunjung yang memadati gedung pameran Helsinki Fair Center.

Menurut keterangan panitia, berdasarkan jajak pendapat TNS Gallup terhadap 1200 responden Finlandia usia 15-69 tahun disebutkan kebiasaan orang Finlandia bepergian ke luar negeri dari tahun ke tahun tidak berubah kendati situasi ekonomi dunia tidak menentu.

Dari jajak pendapat yang dilakukan itu keinginan masyarakat Finlandia berliburan ke luar negeri meningkat dibanding tahun lalu yaitu yaitu dari 54 persen jadi 55 persen 2009 dan tujuan wisata utama masih Spanyol, Yunani dan Thailand.(U-ZG) ***3***
(T.H-ZG/B/A027/A027) 20-01-2009 00:54:4

Tidak ada komentar: