Senin, 19 April 2010

DUBES: KEKUATAN INDONESIA PADA PANDANGAN HIDUPNYA

DUBES: KEKUATAN INDONESIA PADA PANDANGAN HIDUPNYA

London, 19/4 (ANTARA) - Dubes RI untuk Hungaria, Mangasi Sihombing, mengatakan, kekuatan bangsa Indonesia terletak dalam pandangan hidup yang senantiasa tercermin dalam kehidupan sehari-hari serta tataran kehidupan bernegara.

Hal tersebut disampaikan Dubes Mangasi Sihombing dalam ceramah di biara Pannonhalma, Hungaria, demikian Sekretaris II, KBRI Budapest, Annie Puspa kepada koresponden Antara London, Senin.
Ceramah diikuti lebih dari 200 orang siswa gymnasium Katholik termasuk para biarawan, yang merupakan salah satu sekolah terbaik di Hungaria.

Menurut Dubes, pandangan hidup yang dirumuskan dalam dasar negara Indonesia, Pancasila, telah mengalami banyak cobaan, dan sejarah menunjukkan semua upaya gagal untuk menggantinya dengan falsafah dan ideologi lainnya.

Lebih jauh Dubes mengemukakan pemerintah Indonesia memiliki kewajiban konstitusional untuk turut aktif mengupayakan perdamaian dan keamanan serta kemakmuran global yang adil.

Untuk itu kerja sama internasional mengemuka dalam politik luar negeri Indonesia termasuk dalam menciptakan saling pengertian dan penghormatan berkaitan dengan kehidupan beragama.

Dialog lintas agama dan budaya secara sadar dan berkesinambungan telah menjadi bagian integral dari diplomasi Indonesia.

Indonesia adalah penggagas Dialog Lintas Agama Kawasan Asia-Pasifik dan antar kawasan ASEM, serta melaksanakan dialog secara bilateral dengan berbagai negara sahabat.

Ceramah ini berlangsung secara aktif, yang menunukan minat peserta mempelajari lebih dalam tentang Indonesia dari berbagai aspek.

Biara Pannonhalma yang masuk dalam Ordo Benediktus pernah difungsikan sebagai benteng pertahanan Hungaria dan mengadakan program doktor dalam pendidikan biarawan.

Sementara itu Abbot agung Dr. Asztrik Varszegi yang memimpin biara ini mengatakan, prestasi sekolah dan biara Pannonhalma yang mempunyai mutu yang sangat tinggi membuat pemerintah Hungaria, membiarkan sekolah tersebut berlanjut.


(U-ZG)

(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 20-04-2010 00:51:44

Tidak ada komentar: