Kamis, 29 April 2010

DUBES SERAHKAN SURAT KEPERCAYAAN PADA PRESIDEN PORTUGAL

DUBES SERAHKAN SURAT KEPERCAYAAN PADA PRESIDEN PORTUGAL

London, 29/4 (ANTARA) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Portugal, Albert Matondang, menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Republik Portugal, Anibal Cavaco Silva, di Istana Kepresidenan Belem Lisabon.

Prosesi tradisi upacara yang berlangsung hikmad itu diawali dengan perhormatan militer pasukan berkuda di depan Gereja Jerinimos, tempat disemayamkannya Vasco de Gama dan penandatanganan "Treaty of Lisbon", kata Counselor Perry Pada dan Sanga Panggabean yang mendampingi Dubes dalam acara penyerahan surat kepercayaan tersebut.

Pelaksana Fungsi Penerangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Lisabon, Perry Pada dalam keterangannya kepada koresponden ANTARA London, Kamis, mengatakan dalam kesempatan itu Presiden Portugal didampingi Menlu dan Sekjen Kementerian Luar Negeri Portugal mengadakan pembicaraan yang menyangkut hubungan bilateral kedua negara.

Dikatakannya, Dubes menyampaikan salam hangat Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono dan rakyat Indonesia.

Pada kesempatan itu, Dubes berharap Presiden Portugal melakukan kunjungan balasan ke Indonesia mengingat pada tahun 1960 Presiden RI Pertama Soekarno pernah berkunjung ke Portugal.

Dubes Albert Matondang mengatakan pentingnya peningkatan hubungan bilateral RI - Portugal dan mengemukakan komitmennya untuk peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan.

Khusus mengenai hubungan masyarakat kedua negara, Dubes mengatakan sejarah dan budaya antara Indonesia dan Portugal yang terjalin selama 500 tahun merupakan modal bagi peningkatan hubungan antarmasyarakat kedua Negara melalui berbagai aktifitas kebudayaan.

Dubes menyambut gembira adanya kelompok persahabatan di Portugal - Associacao Luso-Indonesia para Amizade a Cooperacao - ALIAC) dan Asosiasi Persahabatan dan Kerja Sama Indonesia Portugal (APKIP) di Indonesia yang dapat menjembatani kepentingan kedua negara dalam rangka peningkatan kerja sama di berbagai bidang.

Untuk itu diperlukan upaya merevitalisasikan kelompok kerja sama tersebut agar dapat memberikan kontribusi konkrit dalam pencapaian misi Indonesia di Portugal.

Demikian pula hubungan antarparlemen yang makin meningkat ditandai dengan berdirinya kelompok Indonesia di Parlemen Portugal dan sebaliknya.

Hubungan antarpemerintah kedua negara terjalin dengan erat hal tersebut ditandai dengan kunjungan timbal balik antarpejabat kedua negara yang cukup meningkat.

Sementara itu, Presiden Portugal Prof.Dr. Anibal Cavaco Silva menyambut baik hubungan bilateral kedua negara yang makin meningkat digambarkan sebagai negara besar yang sangat Indah.

Diakuinya Portugal tidak memiliki masalah politik yang mengganjal dan dengan tulus ingin menjalin kerja sama yang lebih luas, baik di bidang politik, ekonomi, maupun investasi, dengan Indonesia.
Ia menilai Indonesia sebagai negara penting yang menjadi anggota berbagai perserikatan bangsa-bangsa, seperti ASEAN, APEC, PBB, dan G20.

Selain itu, dia memuji kemajuan demokrasi dan perkembangan ekonomi Indonesia yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah krisis keuangan saat ini.

Anibal Cavaco Silva menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke Indonesia pada masa mendatang, namun belum dapat menentukan waktunya. Kemungkinan rencana kunjungan itu dirangkai dengan kunjungan ke negara lainnya di Asia Tenggara.

Menyangkut krisis ekonomi global yang diangkat oleh Presiden Portugal, Dubes Albert Matondang menyampaikan Indonesia mampu mengatasi krisis tersebut karena kondisi stabilitas dan keamanan yang baik dan kebijakan ekonomi yang tepat diterapkan dengan baik.

Hasilnya Indonesia menjadi negara yang memiliki ketahanan ekonomi dibandingkan dengan negara lain yang mengalami penurunan selama krisis ekonomi global melanda kawasan, ujarnya.

Sebagai acara ucapan syukur, Dubes Matondang mengadakan pertemuan dengan seluruh staf KBRI Lisabon dalam acara santap siang dan memberikan briefing mengenai perlunya upaya yang intensif dan terarah dalam mencapai kepentingan nasional di Portugal.

Penempatan Dubes RI Albert Matondang di Portugal adalah penempatan kali kedua sebagai Dubes RI. Sebelumnya, bertugas sebagai Dubes RI di Fiji, sementara jabatan terakhir adalah Deputi Menko Polkam. (U-ZG/B/D007)
(T.H-ZG/B/D007/D007) 29-04-2010 12:06:49

Tidak ada komentar: