Sabtu, 10 April 2010

Gamelan Shokbreker Gebrak Norwegia

Gamelan Shokbreker Gebrak Norwegia

Sabtu, 10 April 2010 05:27 WIB | Hiburan | Musik | Dibaca 557 kali
London (ANTARA News) - Lagu Serat Selira yang dibawakan Rozyanti Muztika dari kelompok Gamelan Shokbreker memukau pencinta Jazz Norwegia yang hadir di gedung pertunjukan Riksscenen di kota Oslo.

Gamelan Shokbreker kembali tampil di kota Oslo, setelah sukses tampil untuk kedua kalinya di Sami Festival di kota Kautokeino, Norwegia Utara sejak tanggal 31 Maret lalu, ujar Sekretaris Tiga KBRI Oslo, Febby Fahrani kepada koreposnden Antara London, Sabtu.

Gamelan Shokbreker memadukan musik tradisional Gamelan Indonesia dengan musik jazz kontemporer yang modern serta seni suara tradisional dari Sami-Norwegia dengan personil, Patrick Shaw Iversen (Composer, Flutes, Electronics), Rune Br?ndbo (Electronics), Kenneth Ekornes (Drum, Percussion) dari Norwegia, serta Rudi Mukhram (Bonang, Sarung, Suling, Gendang), Rozyanti Muztika (vokalis), dan Imas Fatimah (penari) dari Indonesia.

Dikatakannya, sekitar 12 lagu antara lain Panon Hideung dan Mega Sutra dibawakan dengan iringan alunan musik jazz yang dipercantik dengan dentingan Gamelan Sunda pada pertunjukan di Riksscenen.

Gemulai tarian Sunda yang mewarnai penampilan Gamelan Shokbreker memperoleh sambutan hangat dari sekitar 40 penonton termasuk Dubes RI di Oslo, Esti Andayani, yang turut menonton menyatakan kekagumannya atas kolaborasi yang dipertontonkan oleh Gamelan Shokbreker, demikian Febby Fahrani.

Beberapa penonton seperti Jan Lothe Eriksen yang juga Direktur Riksscenen pertunjukan juga menyatakan kekaguman yang sama. Eriksen juga menyatakan bahwa pihaknya bangga telah dapat bekerjasama dengan Gamelan Shokbreker dalam menampilkan kekayaan seni tradisional Indonesia di Norwegia.

Kolaborasi Musisi Norwegia dan Indonesia ini telah terbina sejak tahun 1994. Dengan bantuan fasilitasi KBRI Oslo, Patrick Iversen dan Ismet Ruchimat, musisi yang juga pengajar di Sekolah Tinggi Seni Indonesia-Bandung, mulai bekerjasama dan membentuk kelompok Gamelan Shokbreker.

Gamelan Shokbreker tampil dalam Summer Music Festival di F?rde, Norwegia Tengah dan Oslo World Music Festival di Oslo, serta beberapa penampilan lainnya yaitu Summer Music Festival di wilayah Norwegia Selatan (1997), Oslo World Music Festival di Oslo (2006), dan Sami Festival di kota Kautokeino (2009).

Di tahun 2010, fasilitasi kembali diberikan KBRI Oslo untuk penampilan kelompok Gamelan Shokbreker di Norwegia. Fasilitasi yang sama akan kembali lagi diberikan pada penampilan Gamelan Shokbreker pada Riddu-Riddu Festival di Tr?mso bulan Juli dan ?ya Festival di Oslo bulan Agustus mendatang.

Alunan musik jazz dengan warna tradisional gamelan khas Indonesia makin menumbuhkan ketertarikan pencinta musik jazz Norwegia akan kekayaan seni musik Indonesia, yang nantinya diharapkan berdampak positif bagi peningkatan citra Indonesia di Norwegia. (ZG/K004)

COPYRIGHT © 2010

Tidak ada komentar: